IMBAS KONVERGENSI MEDIA
IMBAS KONVERGENSI MEDIA MASSA
Belakangan, internet dan mobile
communication menjadikan orang semakin mudah mengakses informasi media
melalui aneka meddia. Secara umum, dalam kasus Indonesia, konvergensi media
yang disebut sebagai penggabungan
atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam
satu titik tujuan. Media Massa di indonesia berangkat dari basis model suratkabar cetak yang berkolaborasi
dengan versi online. Inilah jejak otentik konvergensi media di Indonesia. Dalam
perkembangannya kemudian, kolaborasi surakabar cetak dengan media online, lalu
menular dengan mengikutsertakan medium radio dan televisi dalam konvergensi.
Bahkan, model lain yang berangkat dari majalah cetak dan online juga muncul.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Pada era media baru, setiap
individu maupun kelompok-kelompok sosial, budaya,ekonomi maupun politik harus
meniscayakan dirinya untuk berinteraksi secara aktif dengan media baru, bukan
sekadar untuk mengekspresikan identitas individu atau kelompok, namun yang
lebih penting bagaimana kemudian setiap kelompok menggunakan media baru sebagai
wadah komunikasi untuk melakukan pemberdayaan ataupun pembebasan dirinya.
Hampir satu dekade belakangan, industri media di Indonesia
mengalami hingar-bingar seiring kemajuan pesat teknologi informasi dan
komunikasi. Awalnya adalah ketika sejumlah media melakukan perombakan pada
media, terutama suratkabar harian, pada medio dekade 2000-an. Perubahan format
itu membawa implikasi pada penyesuaian ukuran dan kualitas konten di
masing-masing media. Budaya jurnalisme pun ikut berubah. Gaya menulis tidak
bisa lagi sepanjang dan sebanyak tatkala masih menggunakan ukuran dan format
lama.
Pada saat yang bersamaan, sejumlah perusahaan media cetak mulai
serius mengembangkan versi digitalnya. Patut dicatat, hampir satu dekade
sebelumnya, beberapa perusahaan suratkabar telah merilis versi online, seperti
Republika dan Kompas, namun baru sekadar sebagai komplimentari versi cetak dan
belum digarap serius dalam konteks konvergensi media. Perubahan format tersebut
dipicu oleh tren multimedia yang dihasilkan teknologi komunikasi melalui
kehadiran internet yang sangat membantu memudahkan kita.
Konvergensi media memungkinkan audiens (khalayak) media massa untuk berinteraksi dengan media massa dan bahkan mengisi konten media massa. Audiens sekarang dapat mengontrol kapan, di mana dan bagaimana mereka mengakses dan berhubungan dengan informasi.
Berkurangnya interaksi sosial secara
langsung menyebabkan komunikasi yang tidak efektif. Hal ini sebagai tantangan
dari dampak negatif konvergensi media dimana face to face mulai tidak
diminati lagi, orang lebih cenderung suka berkomunikasi lewat media. Akibatnya
adalah hilangnya social presence sehingga komunikasi tidak
efektif. karena tidak melihat dan merasakan langsung ekspresi wajah serta
bahasa tubuh lawan bicara yang akhirnya malah akan timbul kesalahpahaman isi
pesan.
Konvergensi media memungkinkan audiens (khalayak) media massa untuk berinteraksi dengan media massa dan bahkan mengisi konten media massa. Audiens sekarang dapat mengontrol kapan, di mana dan bagaimana mereka mengakses dan berhubungan dengan informasi.
Timbulnya kesenjangan sosial yang semakin besar merupakan tantangan
bagi konvergensi media. Dulu perbedaan kelas-kelas sosial dipengaruhi oleh
faktor ekonomi, pendidikan, dan lainya, namun di masa digital kini, perbedaan
kelas sosial semakin jelas terlihat karena dipengaruhi oleh kemampuan akses
informasi seseorang.
Kita belakangan ini mungkin masih mengingat dengan gejolak besar
yang dialami Media Massa Indonedia ketika Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden
dimana Media menjadi rujukan banyak masyarakat indonesia. Hal lain yang menjadi
tantangan konvergensi media adalah kesiapan masyarakat agar tidak
menimbulkan cultural schock. Perkembangan teknologi seperti
konvergensi media merupakan hal baru dan canggih bagi masyarakat, namun kadang
sebagian masyarakat belum siap dengan inovasi teknologi ini baik siap secara
ekonomi maupun secara pengetahuan. Maka dari itu, perusahaan-perusahaan yang
menyediakan teknologi ini harus benar-benar memikirkan daya kesiapan masyarakat
dengan hal yang baru, harus sepintar mungkin mengadaptasikan teknologi ini
kepada masyarakat. Tantangan lainnya adalah latar belakang budaya dan kebiasaan
teknologi masyarakat. Para pelaku konvergensi media harus bisa menyesuaikan teknologi
konvergensi media ini dengan budaya-budaya yang ada dalam masyarakat.
Tantangan selanjutnya adalah antara konvergensi dengan peraturan
(regulasi). Dalam hal ini pemerintah selaku regulator bertanggung jawab penuh
dalam menciptakan peraturan untuk melindungi seluruh masyarakat dari pengaruh
negatif media dan mengatur kebebasan konvergensi media agar tetap pada
batasnya. Hal ini diharuskan agar tidak terjadi tabrakan kepentingan yang
merugikan satu pihak dimana biasanya para pengguna/masyarakatlah yang
menjadi korban konvergensi.
Oleh karena itu Regulasi yang sesuai dari dari pemerintah sangat
diperlukan. Regulasi berkaitan dengan seberapa jauh hak masyarakat dalam
menggunakan/ mengakses media konvergensi serta seberapa jauh distribusi media
konvergensi dapat dijangkau oleh masyarakat. Isi media konvergen juga harus
dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma dan etika yang berlaku dalam
masyarakat.
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66 (NEW)
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!?