ANALISIS PROGRAM ISLAM BERITA ISLAMI MASA KINI TRANS TV
BAB 1
PENDAHULUAN
a.
Latar belakang
Di abad ke 21 ini manusia tengah disibukkan dengan peralatan serba
canggih hasil karya manusia yang disebut teknologi. Mulai cara berpikir, cara
merasa dan cara berperilaku sangat terasa sekali “sentuhan” teknologi. Hingga
manusiapun tak tersadarkan, bahwa apa yang selama ini ia kreasikan telah
berbalik menyanderanya Kondisi ini tidak lain disebabkan kuatnya pengaruh dan
peran teknologi. Meski diakui ada sedikit kesalahan subtantif dalam memahami teknologi, yang hanya dibatasi
pada sesuatu yang sifatnya mekanis. Padahal, teknologi yang berasal dari
kata texere, lebih dimaknai sebagai effort to built of knowledge, yang artinya
upaya manusia membangun kemampuan berfikirnya. Dalam konteks ini, harusnya
penggunaan teknologi (ICT) diarahkan untuk menumbuh kembangkan kemampuan
berfikir substantif manusia dalam memecahkan berbagai problema
melalui alat (mesin) yang diciptakannya, dan menemukan berbagai solusi
alternative berbasis teknologi.
Terlepas dari persoalan
tersebut, kehadiran teknologi informasi
dan komunikasi telah mendinamisasi
kehidupan manusia. Penggunaannya semakin meningkat dari waktu ke waktu, yang
dianggap sebagai media massa terlebih dengan hadirnya media baru yang mampu
mengumpulkan, memproses dan mempertukarkan informasi secara cepat. Ini berarti
kemampuan berinteraksi manusia satu dengan manusia lainnya melalui
instrument yang bernama teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah pola
berkomunikasi manusia secara fundamental. Perubahan pola komunikasi itu, jelas
tak bisa dilepaskan dari sifat.
Hal ini juga menjadi satu
permasalahan bagi dunia dakwah islam karena saat ini Hampir kebanyakan Media
Massa memberikan konsumsi media yang berlawanan dengan tujuan dakwah yakni
mengharapkan terciptanya Khairu Ummah Sebaik-baiknya Umat. Media massa
lebih dipenuhi dengan toayangan yang berasal dari Masyarkat Budaya Asing yang
sudah bisa dikatakan berbeda dengan budaya indonesia
Melalui makalah yang singkat ini penulis mencoba untuk menjeleskan
mengenai Program dakwah Berita Islami Masa kini milik stasiun Televisi Trans Tv
yang baru-baru ini hadir setiap sore hari agar didapatkan hasil yang dapat
memberikan solusi permasalahan penggunaan media masa yang saat ini terjadi dan ada.
b.
Rumusan masalah
Pada pembahasan media literasi pengembangan dakwah penulis menulis
Rumusan Masalah sebagai berikut.
1.
Apa
itu dakwah dan media dakwah
2.
Apa
itu progrma dakwah Berita Islami Masa Kini?
3.
Apa
Fungsi Progma Berita Islami Masa Kini?
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian dakwah
kata dakwah sering dipakai untuk menyebut aktifitas Rasul SAW dalam
menyampaikan risalah kenabiannya. Dari sudut bahasa kata dakwah berasal dari
bahasa Arab yang berarti menyeru,
meminta, menuntun, menggiring atau memanggil, mengajak orang lain supaya
mengikuti, bergabung, memahami untuk memiliki suatu tindakan dan tujuan yang
sama yang diharapkan oleh penyerunya Sedangkan dari sudut istilah, ada beberapa
pengertian diantaranya,
dakwah
adalah seruan untuk beriman kepada Allah, iman kepada rasul-rasul-Nya, iman
kepadahari kebangkitan, qada dan qadar, serta seruan agar hamba meyembah
Tuhannya seakan dia melihat-Nya. Dengan demikian, yang dimaksud dakwah adalah
menyeru kepada Allah, dan maksudnya adalah menyeru kepada agama Allah yakni
agama Islam berdasarkan firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ali Imron ayat 104
dan 110
`ä3tFø9ur öNä3YÏiB ×p¨Bé& tbqããôt n<Î) Îösø:$# tbrããBù'tur Å$rã÷èpRùQ$$Î/ tböqyg÷Ztur Ç`tã Ìs3YßJø9$# 4
y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd cqßsÎ=øÿßJø9$# ÇÊÉÍÈ
Pembagian Media Dakwah
Pada
dasarnya, komunikasi dakwah dapat menggunakan berbagai media yang dapat
merangsang indra-indra manusia serta dapat menimbulkan perhatian untuk dapat
menerima dakwah. Berdasarkan banyaknya komunikan yang menjadi sasaran dakwah,
diklasifikasikan menjadi dua, yaitu media massa dan media nonmassa.
1. Media Massa
Media massa digunakan dalam komunikasi apabila komunikan berjumlah banyak
dan bertempat tinggal jauh. Media massa yang banyak digunakan dalam kehidupan
sehari-hari umumnya surat kabar, radio, televisi, dan film bioskop yang beroperasi
dalam bidang informasi dakwah.
Keuntungan dakwah dengan menggunakan media massa adalah bahwa media massa
menimbulkan keserempakan, artinya suatu pesan dapat diterima oleh komunikan
yang jumlahnya relatif amat banyak. Jadi untuk menyebarkan informasi media masa
sangat efektif dalam mengubah sikap, perilaku, pendapat komunikan dalam jumlah
yang banyak.
2. Media Nonmassa
Media
ini biasanya digunakan dalam komunikasi untuk orang tertentu atau
kelompok-kelompok tertentu seperti surat, telepon, SMS, telegram, faks, papan
pengumuman, CD, e-mail, dan lain-lain. Semua itu dikategorikan karena tidak
mengandung nilai keserempakan dan komunikannya tidak bersifat massal.
Disadari
atau tidak, media dalam penggunaan komunikasi terutama media massa telah
meningkatkan intensitas, kecepatan dan jangkauan komunikasi yang dilakukan
manusia dalam berbagai hal. Termasuk dalam hal ini tak ketinggalan adalah dalam
komunikasi dakwah massa. Media yang terbaik untuk mempopulerkan, mengajarkan,
memantapkan, atau mengingatkan sesuatu dalam dakwah,
jika dilihat
dari segi penyampaian pesan dakwah, dibagi menjadi tiga golongan yaitu:
1. The spoken
words (berbentuk ucapan)
Yang termasuk dalam kategori ini adalah alat yang mengeluarkan bunyi.
Karena hanya dapat ditampak oleh telinga dan biasa disebut dengan the audial
media da dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti telepon, radio
dan lain-lain.
2. The printed
writing (yang berbentuk tulisan)
Yang termasuk didalamnya adalah barang-barang tercetak, gambar-gambar
tercetak, lukisan-lukisan, buku, surat kabar, majalah, brosure, pamphlet, dan
sebagainya.
3. The audio
visual (berbentuk gambar hidup)
Yaitu merupakan penggabungan dari kedua golongan
diatas, yang termasuk dalam kategori ini adalah film, video, DVD, CD, dan
sebagainya.
Disamping penggolongan wasilah diatas, wasilah dakwah
dari segi sifatnya juga dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu:
1. Media
tradisional, yaitu berbagai macam seni pertunjukan yang secara tradisonal
dipentaskan didepan umum terutama sebagai sarana hiburan yang memiliki sifat
komunikatif, seperti ludruk, wayang, drama, lenong dan sebagainya.
2. Media modern, yang
diistilahkan juga dengan “media elektronika” yaitu media yang dilahirkan dari
teknologi. Yang termasuk media modern ini antara lain televise, radio, pers dan
sebagainya.
2.
Program Berita Islami Masa Kini dan Analisanya
A.
Diskripsi Program berita Islami masa Kini
Trans tv adalah salah satu media televisi yang
baru-baru ini membuat gebrakan program seri dakkwah ketika sore hari. Salah
satunya addalah program berita islami masa kini, Berita Islami Masa Kini adalah
salah satu acara yang masih terbilang baru di Trans TV. Berita ini diberi
julukan lain dengan Beriman Program acara ini hadir setiap sore hari mulai
senin hingga jumat pada pukul 17.30 18.30 wib. sore hari tepat dimana
kebanyakan masyrakat indonesia beristirahat menjelang shalat magrib. Acara-
yang disuguhkan dalam progrma berita islami masa kini adalah penayangan seputar
bab-ba akidah hukum dalam hal-hal lain seputar islam dirangkai menarik kedalam
sebuah wacana dibawakan oleh Teuku Wisnu dan Zaskia Adya Mecca dan Acara ini
cukup mengobati kekecewaan kepada Trans TV yang sebelumnya sempat menyuguhkan
tontonan acara YKS yang menjadikan publik tidak begitu suka .
b.
Analisis program berita islami masa kini menurut
judul dan pembawa acara
Program berita islami masa kini dihadirkan sesuai
dengan nama judul tersebut. Berbagai permasalah-permasalahan islam dimasa
modern ini dikupas tuntas dalam berita ini dan tentu sangat memberikan manfaat
bagi masyarkat umum khususnya masyarakat islam. Selain itu program Berita
Islami masa kini ini sangat coocok ditayangkan pada sore hari, mengingat
banyaknya stasiun televisi lain yang lebih menayangkan pada acara-acara
yangbesifat menghibur dan kadang kurang bermnfaat
sementaraAcara ini dibawakan oleh Teuku Wisnu dan Zaskia Adya Meca
serta syahrul gunawan dan pembawa acara pasanganya. Hal ini dirasa sangat cocok mengingat basic
dari pembawa acara yang bersifat islami yang juga memiliki karateristik islami,
bukan hanya karena sekedar pekerjaan seperti teuku wisnu dan zaskiya adya mecca
yang saat ini sudah memiliki jiwa islam.
c.
Analisis program berita islami masa kini berdasarkan program acara
Dari
sini sudah terlihat kreativitas yang dibangun oleh produksi “Berita Islami Masa
Kini”. Berita ditampilkan dengan pembawa acara lalu pembawa acara menyuguhkan
informasi seperti halnya pemberitaan berita medi televisi. Namaun sayangya
Pemberian informasi terkait tema dan judul progrma hanya mampu (baca: menarik)
diikuti oleh kalangan intelektual. Semntara meninggalkan masyaerakat islam yang
belum begitu jauh mengenal islam . namun hal ini cukup membantu mereka sedikit
demi sedikit dalam memahami masalah-maslah keislamaman yang terjadi saat ini.
Berita
islami masa kini memberikan pengertian melalui penyampaian unik dari pembawa
acara, namun sering kali terjadi perbedan dalam hal penyampaian teuku wisnu
yang lebihh sering menyampaikan acar dengan format ceramah sementara Zaskiya
lebih kearah menjadi MC , hal menjadikan kurang menariknya acara
“berita
islami masa kini ” sepertinya mengesampingkan teori Uses and Gratification. Mereka memang bisa
menembakkan peluru berita ke khalayak, namun khalayak mempunyai peran untuk
menerima atau menolaknya. Khalayak memiliki standar untuk pemuasan dirinya.
Ketika suatu tayangan tidak lagi menjadi kebutuhan khalayak, dengan sendirinya
khalayak akan meninggalkan. Kasus SARA dengan menyerang pemahaman kelompok
lain—walau tanpa menyebut nama kelompok tersebut—merupakan kesalahan fatal.
Alih-alih masyarakat berpikir bahwa “Berita Islami masa kini” merupakan
tayangan islami, banyak masyarakat yang menganggap itu tayangan kelompok
tertentu.. Karena di antara tayangan-tayangan yang dinilai kontroversial
menurut pendapat pendapat pemilik madzhab lain.
Teori Uses and Gratification memiliki asumsi dasar
sebagaimana ditulis oleh pendirinya Katz, Blumler dan Gurevitch, 1974.
- Khalayak aktif dan
penggunaan medianya berorientasi pada tujuan
- Inisiatif dalam
menghubungkan kepuasan kebutuhan pada pilihan media tertentu terdapat pada
anggota khalayak
- Media berkompetisi
dengan sumber lainnya untuk kepuasan kebutuhan
- Orang mempunyai cukup
kesadaran diri akan penggunaan media mereka, minat, dan motif sehingga dapat
memberikan sebuah gambaran yang akurat mengenai kegunaan tersebut kepada para
peneliti
- Penilaian mengenai
nilai isi media hanya dapat dinilai oleh khalayak.
d.
Analisis program
acara Berita Islami Masa kini berdasarkan penonton.
Sampai
sat ini orogram Berita Islami Masa Kini
masih terus tayang diTrans TV Setiap sore hari. Hal tersebut menandakan acara
tersebut memang diminati karena dinilai sesuai dengan keinginan masyarakat.
Selain penyiar yang bagus penonton juga disuguhkan dengan berita-beriita
mendidik.
3.
FungsI Acara Berita Islami Masa Kini
Penggunaan media dakwah seperti tayangan berita islami masa kini dalam program
Trans TV bertujuan untuk mempermudah penyampaian pesan-pesan agama (syariah)
supaya sampai kepada masyarakat luas lebih cepat secara bersamaan, semangat
penyampaian ini terlihat pada wasiat Rasul SAW bahwa yang menghadiri suatu majlis
dianjurkan untuk menyampaikan kepada mereka yang tidak hadir, sehingga tercipta
harapan agar masyarakat dapat memilih media yang bagus untuk dikonsumsi.
Melalui media komunikasi modern hal tersebut bisa dicapai lebih banyak dari pada komunikasi yang tidak bermedia
(teknologi) pesan yang disajikan oleh radio televisi atau majalah serta surat
kabar bisa mewakili tugas ‘penyampaian’ yang hadir kepada yang tidak hadir,
walau bisa berarti yang baca atau yang mendengar, melihat harap menyampaikan
kepada yang tidak, bila diterjemahkan lebih lanjut.
Tujuan lain adanya pemberian acara berita islami masa kini adalah untuk
mempermudah pemahaman dan penjelasan isi pesan, ini terlihat dalam praktek
menggambar yang dilakukan oleh Rasul SAW. Alat bantu untuk “memahamkan” ini
tentu saja tidak terbatas pada penggunaan diagram atau skema dari suatu
bahasan, tapi bisa juga dalam bentuk
narasi dan suara dalam penyampaian lisan. Kekuatan
narasibagi media radio atau televisi sangat dominan. Prinsip yang harus dijaga
dalam hal ini ialah menghindari terjadinya kesalahan informasi. Pemilihan
kata-kata, penggunaan tanda baca dan tekanan-tekanan intonasidengan narasi menjadi
andalannya.
Maka fungsi media dakwah dan komunikasi bagi Islam adalah sebatas
fungsinya sebagai medium yang memfasilitasi sampainya pesan-pesan Islam
terhadap pemeluknya. Adapun dari segi peran media bisa berperan dalam pembinaan
ummah atau komunitas muslim, penyerapan ajaran Islam bisa dengan mudah didapat
oleh pemeluknya, kemudian bisa merubah tingkah-laku pemeluknya. Pembentukan
pandangan hidup dan karakter Islam bisa dihubungkan dengan peran media
komunikasi
Media massa
bagi muslim mempunyai fungsi ritual (ritualistic function). Mesjid misalnya
dahulu memiliki fungsi ritual,yang bisa dikembangkan juga dengan media lain.
Pada surat kabar, majalah atau pamplet dan spanduk seringkali terbaca
undangan-undangan kegiatan ritual pengumuman khatib Jum’at, ‘Idul Fitri atau
‘Idul Adha, layanan qurban dan aqiqah atau kegiatan ritual lainnya. Selain
fungsi ritual media juga berperan sebagai edukator bagi masyarakat, sebagai sumber
informasi, advokasi politik atau idiologi serta sebagai forum untuk menyiarkan
budaya. Media juga memberi kontribusi atas terorganisirnya komunitas muslim,
mobilisasi serta proses kristalisasi dan legitimasi yang terjadi di masyarakat.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Media
dakwah adalah alat yang dipergunakan untuk menyampaikan materi dakwah (ajaran
Islam) kepada mad’u.
Dengan banyaknya media yang ada, maka seorang da’i harus memilih media yang
paing efektif untuk mencapai tujuan dakwah. Sementara Literasi Media adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis dan mende-konstruksi
pencitraan media. Kemampuan untuk melakukan ini ditujukan agar pemirsa sebagai
konsumen media massa –termasuk anak-anak–menjadi sadar atau melek tentang cara
media dikonstruksi/dibuat dan diakses. Sebagai umat islam kita harus mampu
mengontrol diri kita dalam hal pengkonsumsian media sehingga kita beisa
terhindar dari kesesatan media.
berita islami
memberikan serangkain berita yang sangat bermanfaat bagi masyarakat umum
terkait Masalah masalah agama islam dimasa kini, seharusnya masyarakat lebih
sadar dan menyukai acara-acar televisi
yang mendukung seperti ini karena memberikan manfaat yang sangat penting.
Saran
Penulis menyadari masih banyak kekurangannya pada makalah ini, harapanya
semoga dengan ada rangkuman mengenai
Program acara Berita Islami Masa Kini ini memberikan penerangan n dan
wawasan bagi masyarakat islam saat ini. Saran bagi pelaku media massa yang
menayangkan hal serupa harus lebih hati-hati karena bisa memicu polemik.
Apabila menyampaikan suatu pendapat diperlukan penyebutan sumber dan alasan.
Jangan sampai tayangan episodeyang dianggap berbeda dengan madzhab lain ”
kembali muncul di hadapan pemirsa.
Memiliki pandangan yang berbeda merupakan
suatu kewajaran dan keniscayaan. Akan tetapi jika sampai menyalahkan bahkan
memusyrikkan pendapat yang berbeda merupakan kesalahan yang harus diperbaiki ke
depannya. Semoga tayangan televisi di Indonesia semakin baik dan semakin
mendidik.
ARTIKEL DIBUAT OLEH ALFIANSYAH AZIZ
bila ingin share jangan lupa menyertakan linknya
semoga bermanfaat...........
artikel nya mantab (y)
ReplyDeletekunbal bang-gas.blogspot.com
sama-sama semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan
ReplyDeletePost yg bagus, saya tunggu post" berikut nya
ReplyDeleteJangan lupa kunjungi wap/web saya Download lagu lagu terbaru
Jual produk Obat Pembesar Penis Herbal dan Alat Dunia Dewasa:
ReplyDelete1. Obat Pembesar Penis
- Vimax Izon Asli
- Vigrx Plus Asli
- Vimax Oil Asli
- Klg Pills Asli
- Pro Extender Asli
- Vakum Penis
2. Obat Perangsang Wanita
- Opium Spray
- Sexdrop Cair
- Potenzol Cair
- Permen Karet
- Blue Wizard
3. Obat Kuat Sex
- Viagra Usa
- Cialis Tadalafil
- Maximum Powerfull
- Procomil Spray
4. Alat Bantu Sex
- Penis Mutiara Getar
- Boneka Fullbody
- Vagina Baby Pussy
- Penis Ikat Pinggang