-->

ANALISIS PROGRAM ISLAM BERITA ISLAMI MASA KINI TRANS TV

BAB 1
PENDAHULUAN
a.      Latar belakang
 Di abad ke 21 ini manusia tengah disibukkan dengan peralatan serba canggih hasil karya manusia yang disebut teknologi. Mulai cara berpikir, cara merasa dan cara berperilaku sangat terasa sekali “sentuhan” teknologi. Hingga manusiapun tak tersadarkan, bahwa apa yang selama ini ia kreasikan telah berbalik menyanderanya Kondisi ini tidak lain disebabkan kuatnya pengaruh dan peran teknologi. Meski diakui ada sedikit kesalahan subtantif  dalam memahami teknologi, yang hanya dibatasi pada sesuatu yang sifatnya mekanis. Padahal, teknologi yang berasal dari kata  texere, lebih dimaknai sebagai  effort to built of knowledge, yang artinya upaya manusia membangun kemampuan berfikirnya. Dalam konteks ini, harusnya penggunaan teknologi (ICT) diarahkan untuk menumbuh kembangkan kemampuan berfikir  substantif  manusia dalam memecahkan berbagai problema melalui alat (mesin) yang diciptakannya, dan menemukan berbagai solusi alternative berbasis teknologi.
Terlepas dari  persoalan tersebut, kehadiran teknologi  informasi dan komunikasi  telah mendinamisasi kehidupan manusia. Penggunaannya semakin meningkat dari waktu ke waktu, yang dianggap sebagai media massa terlebih dengan hadirnya media baru yang mampu mengumpulkan, memproses dan mempertukarkan informasi secara cepat. Ini berarti kemampuan  berinteraksi  manusia satu dengan manusia lainnya melalui instrument yang bernama teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah pola berkomunikasi manusia secara fundamental. Perubahan pola komunikasi itu, jelas tak bisa dilepaskan dari sifat.
 Hal ini juga menjadi satu permasalahan bagi dunia dakwah islam karena saat ini Hampir kebanyakan Media Massa memberikan konsumsi media yang berlawanan dengan tujuan dakwah yakni mengharapkan terciptanya Khairu Ummah Sebaik-baiknya Umat. Media massa lebih dipenuhi dengan toayangan yang berasal dari Masyarkat Budaya Asing yang sudah bisa dikatakan berbeda dengan budaya indonesia
Melalui makalah yang singkat ini penulis mencoba untuk menjeleskan mengenai Program dakwah Berita Islami Masa kini milik stasiun Televisi Trans Tv yang baru-baru ini hadir setiap sore hari agar didapatkan hasil yang dapat memberikan solusi permasalahan penggunaan media masa yang saat ini terjadi dan ada.

b.      Rumusan masalah
Pada pembahasan media literasi pengembangan dakwah penulis menulis Rumusan Masalah sebagai berikut.
1.      Apa itu dakwah dan media dakwah
2.      Apa itu progrma dakwah Berita Islami Masa Kini?
3.      Apa Fungsi Progma Berita Islami Masa Kini?




BAB II
PEMBAHASAN
1.                  Pengertian dakwah
  kata dakwah sering dipakai untuk menyebut aktifitas Rasul SAW dalam menyampaikan risalah kenabiannya. Dari sudut bahasa kata dakwah berasal dari bahasa Arab  yang berarti menyeru, meminta, menuntun, menggiring atau memanggil, mengajak orang lain supaya mengikuti, bergabung, memahami untuk memiliki suatu tindakan dan tujuan yang sama yang diharapkan oleh penyerunya Sedangkan dari sudut istilah, ada beberapa pengertian diantaranya,
dakwah adalah seruan untuk beriman kepada Allah, iman kepada rasul-rasul-Nya, iman kepadahari kebangkitan, qada dan qadar, serta seruan agar hamba meyembah Tuhannya seakan dia melihat-Nya. Dengan demikian, yang dimaksud dakwah adalah menyeru kepada Allah, dan maksudnya adalah menyeru kepada agama Allah yakni agama Islam berdasarkan firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ali Imron ayat 104 dan 110

`ä3tFø9ur öNä3YÏiB ×p¨Bé& tbqããôtƒ n<Î) ÎŽösƒø:$# tbrããBù'tƒur Å$rã÷èpRùQ$$Î/ tböqyg÷Ztƒur Ç`tã ̍s3YßJø9$# 4 y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd šcqßsÎ=øÿßJø9$# ÇÊÉÍÈ  

Pembagian Media Dakwah
Pada dasarnya, komunikasi dakwah dapat menggunakan berbagai media yang dapat merangsang indra-indra manusia serta dapat menimbulkan perhatian untuk dapat menerima dakwah. Berdasarkan banyaknya komunikan yang menjadi sasaran dakwah, diklasifikasikan menjadi dua, yaitu media massa dan media nonmassa.
1.      Media Massa
Media massa digunakan dalam komunikasi apabila komunikan berjumlah banyak dan bertempat tinggal jauh. Media massa yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari umumnya surat kabar, radio, televisi, dan film bioskop yang beroperasi dalam bidang informasi dakwah.
Keuntungan dakwah dengan menggunakan media massa adalah bahwa media massa menimbulkan keserempakan, artinya suatu pesan dapat diterima oleh komunikan yang jumlahnya relatif amat banyak. Jadi untuk menyebarkan informasi media masa sangat efektif dalam mengubah sikap, perilaku, pendapat komunikan dalam jumlah yang banyak.

2.      Media Nonmassa
               Media ini biasanya digunakan dalam komunikasi untuk orang tertentu atau kelompok-kelompok tertentu seperti surat, telepon, SMS, telegram, faks, papan pengumuman, CD, e-mail, dan lain-lain. Semua itu dikategorikan karena tidak mengandung nilai keserempakan dan komunikannya tidak bersifat massal.
    Disadari atau tidak, media dalam penggunaan komunikasi terutama media massa telah meningkatkan intensitas, kecepatan dan jangkauan komunikasi yang dilakukan manusia dalam berbagai hal. Termasuk dalam hal ini tak ketinggalan adalah dalam komunikasi dakwah massa. Media yang terbaik untuk mempopulerkan, mengajarkan, memantapkan, atau mengingatkan sesuatu dalam dakwah,
jika dilihat dari segi penyampaian pesan dakwah, dibagi menjadi tiga golongan yaitu:
1.      The spoken words (berbentuk ucapan)
Yang termasuk dalam kategori ini adalah alat yang mengeluarkan bunyi. Karena hanya dapat ditampak oleh telinga dan biasa disebut dengan the audial media da dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti telepon, radio dan lain-lain.
2.      The printed writing (yang berbentuk tulisan)
Yang termasuk didalamnya adalah barang-barang tercetak, gambar-gambar tercetak, lukisan-lukisan, buku, surat kabar, majalah, brosure, pamphlet, dan sebagainya.
3.      The audio visual (berbentuk gambar hidup)
Yaitu merupakan penggabungan dari kedua golongan diatas, yang termasuk dalam kategori ini adalah film, video, DVD, CD, dan sebagainya.
Disamping penggolongan wasilah diatas, wasilah dakwah dari segi sifatnya juga dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu:
1.      Media tradisional, yaitu berbagai macam seni pertunjukan yang secara tradisonal dipentaskan didepan umum terutama sebagai sarana hiburan yang memiliki sifat komunikatif, seperti ludruk, wayang, drama, lenong dan sebagainya.
2.      Media modern, yang diistilahkan juga dengan “media elektronika” yaitu media yang dilahirkan dari teknologi. Yang termasuk media modern ini antara lain televise, radio, pers dan sebagainya.

2.                  Program Berita Islami Masa Kini dan Analisanya

A.    Diskripsi Program berita Islami masa Kini
Trans tv adalah salah satu media televisi yang baru-baru ini membuat gebrakan program seri dakkwah ketika sore hari. Salah satunya addalah program berita islami masa kini, Berita Islami Masa Kini adalah salah satu acara yang masih terbilang baru di Trans TV. Berita ini diberi julukan lain dengan Beriman Program acara ini hadir setiap sore hari mulai senin hingga jumat pada pukul 17.30 18.30 wib. sore hari tepat dimana kebanyakan masyrakat indonesia beristirahat menjelang shalat magrib. Acara- yang disuguhkan dalam progrma berita islami masa kini adalah penayangan seputar bab-ba akidah hukum dalam hal-hal lain seputar islam dirangkai menarik kedalam sebuah wacana dibawakan oleh Teuku Wisnu dan Zaskia Adya Mecca dan Acara ini cukup mengobati kekecewaan kepada Trans TV yang sebelumnya sempat menyuguhkan tontonan acara YKS yang menjadikan publik tidak begitu suka .


b.      Analisis program berita islami masa kini  menurut  judul dan pembawa acara
Program berita islami masa kini dihadirkan sesuai dengan nama judul tersebut. Berbagai permasalah-permasalahan islam dimasa modern ini dikupas tuntas dalam berita ini dan tentu sangat memberikan manfaat bagi masyarkat umum khususnya masyarakat islam. Selain itu program Berita Islami masa kini ini sangat coocok ditayangkan pada sore hari, mengingat banyaknya stasiun televisi lain yang lebih menayangkan pada acara-acara yangbesifat menghibur dan kadang kurang bermnfaat
sementaraAcara ini dibawakan oleh Teuku Wisnu dan Zaskia Adya Meca serta syahrul gunawan dan pembawa acara pasanganya.  Hal ini dirasa sangat cocok mengingat basic dari pembawa acara yang bersifat islami yang juga memiliki karateristik islami, bukan hanya karena sekedar pekerjaan seperti teuku wisnu dan zaskiya adya mecca yang saat ini sudah memiliki jiwa islam.
c.       Analisis program berita islami masa kini  berdasarkan program acara
 Dari sini sudah terlihat kreativitas yang dibangun oleh produksi “Berita Islami Masa Kini”. Berita ditampilkan dengan pembawa acara lalu pembawa acara menyuguhkan informasi seperti halnya pemberitaan berita medi televisi. Namaun sayangya Pemberian informasi terkait tema dan judul progrma hanya mampu (baca: menarik) diikuti oleh kalangan intelektual. Semntara meninggalkan masyaerakat islam yang belum begitu jauh mengenal islam . namun hal ini cukup membantu mereka sedikit demi sedikit dalam memahami masalah-maslah keislamaman yang terjadi saat ini.
Berita islami masa kini memberikan pengertian melalui penyampaian unik dari pembawa acara, namun sering kali terjadi perbedan dalam hal penyampaian teuku wisnu yang lebihh sering menyampaikan acar dengan format ceramah sementara Zaskiya lebih kearah menjadi MC , hal menjadikan kurang menariknya acara

 “berita islami masa kini ” sepertinya mengesampingkan teori Uses and Gratification. Mereka memang bisa menembakkan peluru berita ke khalayak, namun khalayak mempunyai peran untuk menerima atau menolaknya. Khalayak memiliki standar untuk pemuasan dirinya. Ketika suatu tayangan tidak lagi menjadi kebutuhan khalayak, dengan sendirinya khalayak akan meninggalkan. Kasus SARA dengan menyerang pemahaman kelompok lain—walau tanpa menyebut nama kelompok tersebut—merupakan kesalahan fatal. Alih-alih masyarakat berpikir bahwa “Berita Islami masa kini” merupakan tayangan islami, banyak masyarakat yang menganggap itu tayangan kelompok tertentu.. Karena di antara tayangan-tayangan yang dinilai kontroversial menurut pendapat pendapat pemilik madzhab lain.
Teori Uses and Gratification memiliki asumsi dasar sebagaimana ditulis oleh pendirinya Katz, Blumler dan Gurevitch, 1974.
-          Khalayak aktif dan penggunaan medianya berorientasi pada tujuan
-          Inisiatif dalam menghubungkan kepuasan kebutuhan pada pilihan media tertentu terdapat pada anggota khalayak
-          Media berkompetisi dengan sumber lainnya untuk kepuasan kebutuhan
-          Orang mempunyai cukup kesadaran diri akan penggunaan media mereka, minat, dan motif sehingga dapat memberikan sebuah gambaran yang akurat mengenai kegunaan tersebut kepada para peneliti
-          Penilaian mengenai nilai isi media hanya dapat dinilai oleh khalayak.
d.       Analisis program acara Berita Islami Masa kini berdasarkan penonton.
Sampai sat ini orogram  Berita Islami Masa Kini masih terus tayang diTrans TV Setiap sore hari. Hal tersebut menandakan acara tersebut memang diminati karena dinilai sesuai dengan keinginan masyarakat. Selain penyiar yang bagus penonton juga disuguhkan dengan berita-beriita mendidik.

3.      FungsI Acara Berita Islami Masa Kini
Penggunaan media dakwah seperti tayangan  berita islami masa kini dalam program Trans TV bertujuan untuk mempermudah penyampaian pesan-pesan agama (syariah) supaya sampai kepada masyarakat luas lebih cepat secara bersamaan, semangat penyampaian ini terlihat pada wasiat Rasul SAW bahwa yang menghadiri suatu majlis dianjurkan untuk menyampaikan kepada mereka yang tidak hadir, sehingga tercipta harapan agar masyarakat dapat memilih media yang bagus untuk dikonsumsi. Melalui media komunikasi modern hal tersebut bisa dicapai lebih banyak dari  pada komunikasi yang tidak bermedia (teknologi) pesan yang disajikan oleh radio televisi atau majalah serta surat kabar bisa mewakili tugas ‘penyampaian’ yang hadir kepada yang tidak hadir, walau bisa berarti yang baca atau yang mendengar, melihat harap menyampaikan kepada yang tidak, bila diterjemahkan lebih lanjut.
Tujuan lain adanya pemberian acara berita islami masa kini adalah untuk mempermudah pemahaman dan penjelasan isi pesan, ini terlihat dalam praktek menggambar yang dilakukan oleh Rasul SAW. Alat bantu untuk “memahamkan” ini tentu saja tidak terbatas pada penggunaan diagram atau skema dari suatu bahasan, tapi bisa juga dalam bentuk  narasi  dan  suara dalam penyampaian lisan. Kekuatan narasibagi media radio atau televisi sangat dominan. Prinsip yang harus dijaga dalam hal ini ialah menghindari terjadinya kesalahan informasi. Pemilihan kata-kata, penggunaan tanda baca dan tekanan-tekanan intonasidengan narasi menjadi andalannya.
Maka fungsi media dakwah dan komunikasi bagi Islam adalah sebatas fungsinya sebagai medium yang memfasilitasi sampainya pesan-pesan Islam terhadap pemeluknya. Adapun dari segi peran media bisa berperan dalam pembinaan ummah atau komunitas muslim, penyerapan ajaran Islam bisa dengan mudah didapat oleh pemeluknya, kemudian bisa merubah tingkah-laku pemeluknya. Pembentukan pandangan hidup dan karakter Islam bisa dihubungkan dengan peran media komunikasi
Media massa bagi muslim mempunyai fungsi ritual (ritualistic function). Mesjid misalnya dahulu memiliki fungsi ritual,yang bisa dikembangkan juga dengan media lain. Pada surat kabar, majalah atau pamplet dan spanduk seringkali terbaca undangan-undangan kegiatan ritual pengumuman khatib Jum’at, ‘Idul Fitri atau ‘Idul Adha, layanan qurban dan aqiqah atau kegiatan ritual lainnya. Selain fungsi ritual media juga berperan sebagai edukator bagi masyarakat, sebagai sumber informasi, advokasi politik atau idiologi serta sebagai forum untuk menyiarkan budaya. Media juga memberi kontribusi atas terorganisirnya komunitas muslim, mobilisasi serta proses kristalisasi dan legitimasi yang terjadi di masyarakat.



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Media dakwah adalah alat yang dipergunakan untuk menyampaikan materi dakwah (ajaran Islam) kepada mad’u. Dengan banyaknya media yang ada, maka seorang da’i harus memilih media yang paing efektif untuk mencapai tujuan dakwah. Sementara Literasi Media adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis dan mende-konstruksi pencitraan media. Kemampuan untuk melakukan ini ditujukan agar pemirsa sebagai konsumen media massa –termasuk anak-anak–menjadi sadar atau melek tentang cara media dikonstruksi/dibuat dan diakses. Sebagai umat islam kita harus mampu mengontrol diri kita dalam hal pengkonsumsian media sehingga kita beisa terhindar dari kesesatan media.
berita islami memberikan serangkain berita yang sangat bermanfaat bagi masyarakat umum terkait Masalah masalah agama islam dimasa kini, seharusnya masyarakat lebih sadar dan menyukai  acara-acar televisi yang mendukung seperti ini karena memberikan manfaat yang sangat penting.


Saran

                 Penulis menyadari masih banyak kekurangannya pada makalah ini, harapanya semoga dengan ada rangkuman mengenai  Program acara Berita Islami Masa Kini ini memberikan penerangan n dan wawasan bagi masyarakat islam saat ini. Saran bagi pelaku media massa yang menayangkan hal serupa harus lebih hati-hati karena bisa memicu polemik. Apabila menyampaikan suatu pendapat diperlukan penyebutan sumber dan alasan. Jangan sampai tayangan episodeyang dianggap berbeda dengan madzhab lain ” kembali muncul di hadapan pemirsa.
            Memiliki pandangan yang berbeda merupakan suatu kewajaran dan keniscayaan. Akan tetapi jika sampai menyalahkan bahkan memusyrikkan pendapat yang berbeda merupakan kesalahan yang harus diperbaiki ke depannya. Semoga tayangan televisi di Indonesia semakin baik dan semakin mendidik.   





 ARTIKEL DIBUAT OLEH ALFIANSYAH AZIZ
bila ingin share jangan lupa menyertakan linknya
semoga bermanfaat...........




4 Responses to "ANALISIS PROGRAM ISLAM BERITA ISLAMI MASA KINI TRANS TV"

  1. artikel nya mantab (y)
    kunbal bang-gas.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. sama-sama semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan

    ReplyDelete
  3. Post yg bagus, saya tunggu post" berikut nya

    Jangan lupa kunjungi wap/web saya Download lagu lagu terbaru

    ReplyDelete
  4. Jual produk Obat Pembesar Penis Herbal dan Alat Dunia Dewasa:
    1. Obat Pembesar Penis

    - Vimax Izon Asli

    - Vigrx Plus Asli

    - Vimax Oil Asli

    - Klg Pills Asli

    - Pro Extender Asli

    - Vakum Penis



    2. Obat Perangsang Wanita

    - Opium Spray

    - Sexdrop Cair

    - Potenzol Cair

    - Permen Karet

    - Blue Wizard



    3. Obat Kuat Sex

    - Viagra Usa

    - Cialis Tadalafil

    - Maximum Powerfull

    - Procomil Spray



    4. Alat Bantu Sex

    - Penis Mutiara Getar

    - Boneka Fullbody

    - Vagina Baby Pussy

    - Penis Ikat Pinggang

    ReplyDelete

Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya. mari saling berbagi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel