-->

menjadi public speaker yang hebat, memukau dan mumpuni


            Siapa yang tidak ingin jadi publ;ic speaking yang hebat, kemampuan public speaking merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin mendaptkan pekerjaan dibidang tarik suara, ternya menjadi public speaking akan lebih mudah bila kita berusaha dan berusaha agar menjadi bis. Dalam berbicara didepan umum kata-kata yang kita pakai hanya seberapa persen darin apa yang menjadi perhatian public, namun justru gaya bicarab tubuh  / body language justru lebih mempengaruhi perhatian audien. Kali ini alfian akan memeberi tips untuk sahabat-sahabat mengenai cara menjadi public speaking yang hebat..
            Termasuk salah satunya adalah percaya diri, yakin jangan malu... Ok langsung saj alfian kutip dari 
Http://arryrahmawan.net/16-tips-untuk-menjadi-pembicara-handal/
Http://duniatraining.com/1847/6-langkah-untuk-menghilangkan-rasa-grogi-berbicara-didepan-umum/



Beberapa cara menjadi public speaker yang handal
            Menjadi seorang pembicara di depan umum memerlukan berbagai macam teknik dan seni agar bisa menarik audience. Menjadi pembicara di depan umum yang handal tentunya tidak bisa begitu saja diperoleh tanpa melewati jam terbang serta pengalaman yang tinggi. Bagi anda yang saat ini berprofesi sebagai seorang yang menuntut public speaking sebagai keterampilan utama anda, berikut adalah 16 tips untuk menjadi pembicara handal yang dikirimkan oleh olivia stefanino dari professional speakers association.
1. Mantapkan kredibilitas anda dan diri anda sebagai “penguasa” dari topik pembicaraan. Yakinkan bahwa anda menguasai topiknya. Jelaskan kepada audience mengapa mereka harus mendengarkan dan percaya kepada anda. Lakukan ini dengan tidak lebih dari tiga kalimat.
2. Pahamilah bahwa dengan persiapan yang cukup, anda menghargai audience anda secara efektif. Anda seperti berkata “anda semua penting bagi saya sehingga saya memutuskan untuk meluangkan waktu mempersiapkan ini semua.” Mengatakan bahwa anda tidak punya waktu untuk mempersiapkan diri, atau meminta maaf di muka karena merasa tidak siap, adalah tindakan yang ofensif, membuat anda terlihat malas dan tidak profesional. Jangan meminta maaf atas siap-tidaknya anda.
3. Jika hal tak terduga terjadi, dan anda merasa gamang, maka gamanglah – tapi jangan ceritakan kepada audience. Anda tidak akan mendapat simpati dari mereka; dan lagi-lagi, anda akan terlihat tidak profesional.
4. Jangan pernah, memulai pembicaraan dengan mengatakan bahwa anda gugup, atau bahwa anda belum pernah melakukan hal ini sebelumnya… anda hanya akan menarik perhatian mereka ke hal-hal yang semestinya tidak anda perlihatkan. Percayalah, audience anda akan segera mulai mencari bukti-bukti untuk mendukung pernyataan anda itu.
5. Bernafaslah! Gugup dapat membuat anda berat bernafas – yang tidak akan mendukung getaran dan proyeksi suara anda. Segelas air minum di dekat anda akan bisa membantu. Dan kala anda meneguknya, anda mungkin akan terlihat percaya diri.
6. Jadilah enerjik. Sebelum anda bicara, anda bisa membayangkan bahwa audience sangat puas dengan presentasi anda. Cara yang paling mudah, bacalah lagi sms-sms yang menyenangkan di hp anda. Ini akan membuat anda merasa lebih berenergi.
7. Gunakan suara dari perut anda dan bukan dari dada anda. Proyeksi suara anda akan lebih baik. Anda hanya bisa melakukannya jika anda rileks. Dengan ini, anda terdengar lebih percaya diri. Anda bisa melatih ini – tentu saja di rumah – dengan menekan perut anda ke tembok dan berbicaralah dengan cukup keras. Anda akan merasakan bagaimana seharusnya.
8. Perhatikan makanan anda sebelum berbicara. Para pembicara, punya “manajemen mck” mereka sendiri. Sehari sebelumnya, jangan pernah makan pempek palembang super pedas misalnya. Jangan pula memakan makanan yang buruk untuk suara, coklat atau gorengan misalnya.
9. Berdirilah saat bicara. Ini, dengan segera membuat anda merasa punya otoritas.
10. Duduklah di posisi yang dominan. Bukankah anda pembicaranya?
11. Ketahuilah bahwa kesan pertama sangat diperhitungkan. Dan anda, tidak akan mendapat kesempatan kedua untuk melakukannya.
12. Berinvestasilah untuk pakaian dengan warna yang paling cocok untuk anda. Sepatu dengan jempol yang nongol menimbulkan kesan kurang profesional. Usahakan menghindari kaus kaki dengan warna putih atau abu-abu, mendingan hitam sekalian.
13. Berpakaianlah yang sesuai dengan pesan yang ingin anda sampaikan dan sesuai pula dengan audience yang akan mendengarkan.
14. Jangan jadi tony blair! Gunakan deodoran atau parfum yang tidak meninggalkan bercak pada pakaian anda. Ini soal kecil, tapi tony blair pun bermasalah karenanya.
15. Waspadalah bahwa berkomunikasi dengan orang lain adalah lebih dari sekedar perkataan anda. Faktanya, hanya 7% dari kata-kata anda yang “dianggap” orang. Sisanya, hanya dipahami dari tekanan suara dan bahasa tubuh anda.
16. Ingatlah bahwa pikiran utama audience anda adalah “apa yang bisa saya ambil dari sini?” Berikan jawaban ini saat anda memperkenalkan diri. Mereka akan menyorongkan badannya sampai ke pinggir kursi untuk mendengar anda.

Menghilangkan rasa grogi berbicara didepan umum
            Banyak tokoh yang terkenal yang tercatat di buku  sejarah dunia, bukan karena kekayaan atau jabatannya, melainkan karena kemampuan mereka dalam hal berbicara dan menginspirasi jutaan orang.
            Kemampuan inilah yang dinamakan dengan public speaking. Sebenarnya kemampuan public speaking bukan hanya sekedar berbicara tapi juga kemampuan menyimpulkan, improvisasi, menyampaikan pendapat, mengolah informasi dan menyampaikannya kembali.
Kemampuan seperti ini sangatlah penting dalam memajukan karir anda, karena anda mampu menjelaskan apa pendapat, keinginan ataupun saran secara jelas. Tapi untuk melakukannya tidaklah mudah, kebanyakan orang sering mengalami demam panggung atau grogi saat diminta untuk berbicara pada orang banyak.
Kami memiliki beberapa tips bagus yang dapat membantu anda mengurangi rasa takut itu. Jika anda bisa menguasai ini, anda akan tenang dan merasakan kesenangan saat berbicara didepan umum. Inilah tipsnya.

1.       Kuasai materi.
            Banyak orang yang grogi ketika berbicara didepan umum karena mereka tidak mengusai materi, dengan mengusai materi anda akan jauh lebih siap dan percaya diri saat berbicara (anggap diri kita yang lebih pintar).

2.      Berpikir positif.
            Katakan pada diri anda bahwa berbicara depan orang banyak itu mudah, buat pertanyaan apa ruginya kalau grogi? Apa nikmatnya bila anda bisa mengusai panggung dan berbicara dengan lantang dan penuh semangat? Rasakan dan resapi perasaan ini, bantu dengan gerakan penuh semangat.Selalu katakan pada diri anda, anda pasti bisa melakukannya!

3.      Pahami audien anda.
            Siapa yang ingin anda ajak komunikasi? Orang tua, dewasa, remaja atau anak-anak. Biasanya orang yang merasa grogi karena mereka merasa berada “diluar” kelompok audien. Mereka tidak bisa masuk ke dalam dunia audien.

4.      Buat mind maping.
            Petakan pikiran anda milikilah catatan kecil untuk membantu urutan persentasi. Peta pikiran akan sangat membantu agar tidak keluar dari jalur/ topik yang dibicarakan.
Buat cerita pembuka yang menarik dan ending yang tak terduga.
Seperti halnya film berbicara ditentukan oleh menit pertama yang dahsyat yang akan membuat audience terpana dan penasaran menunggu lanjutannya. Menit pertama sangatlah menentukan, buatlah sebuah cerita, atau berceritalah sesuatu yang dekat dengan kehidupan anda, buatlah juga ending yang tak terduga lihatlah contoh steve jobs dan ir. Soekarno saat berbicara dan persentasi.
5.      Berlatih dan berlatih.
            Seorang pembicara hampir sama dengan penerbang (pilot). Makin tinggi jam terbangnya, makin mulus pula take off dan landing serta semakin pintar dalam menghadapi setiap krisis yang timbul. Demikian juga dengan seorang pembicara, makin sering ia latihan dan tampil, makin mahir ia berbicara, bertindak, dan bersikap. Milikilah keyakinan yang benar bahwa persentasi atau berbicara didepan umum itu mudah bila tau caranya . Semua itu butuh proses dan latihan.
Yang penting anda memiliki keyakinan bahwa berbicara didepan umum itu mudah, gampang, karena anda yang lebih tahu topic yang anda bicarakan daripada mereka.

beberapa cara menundukan rasa takut




1. Serahkan semuanya kepada allah swt (tawakal)

allah swt tahu apa yang terbaik bagi kita. Mungkin hasil buruk merupakan hal yang baik bagi kita yang tidak dapat kita jangkau dengan otak kita. Lakukanlah yang terbaik dan serahkan semua kepadanya. Mintalah hasil yang terbaik walaupun pahit terasa.


2. Jangan belajar telalu berat

belajarlah secara normal jangan terlalu diporsir apalagi hingga begadang hingga larut malam. Ditambah lagi selama perjalanan dan selama menunggu ujian dimulai kita belajar terus menerus. Maka rasa cemas dan takut akan selalu membayangi kita yang belajar terlalu berlebihan. Jawablah yang anda ketahui, dan karang-karang saja apa-apa yang tidak anda ketahui jawabannya.

3. Anggap semua itu bukan segala-galanya

gagal bukan akhir dari segalanya. Kita harus berpandangan bahwa ujian, tes, ulangan, atau apapun itu namanya hanya sesuatu yang harus kita jalani dalam hidup ini. Kita harus berpikir banyak jalan alternatif lain jika gagal sehingga kita tidak akan terlalu fokus pada keharusan mendapat hasi yang baik.

4. Lebih penting proses daripada nilai

buat apa nilai tinggi anda dapatkan tetapi anda tidak bisa memahami secara mendalam pelajaran yang telah anda dapatkan. Bagaikan masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Pentingkanlah proses pencarian ilmu daripada nilai, karena dalam dunia kerja profesional tidak butuh nilai, namun kemampuan keterampilan yang lebih diutamakan.

5. Berpikir positif dan menikmati kegagalan

pikirkan saja yang baik-baik seperti semua akan berjalan baik-baik saja tanpa kendala apa pun dan hasilnya akan baik untuk kita. Jika ternyata gagal meraih apa-apa yang kita mau, maka nikmati saja semua itu karena itu semua adalah hal yang wajar dalam hidup ini. Kegagalan merupakan awal dari kesuksesan anda.

6. Jangan gengsi

jangan melakukan kompetisi dengan orang lain untuk menunjukkan siapa yang terbaik. Janganlah mengejar hasil yang baik hanya untuk bisa disombongkan di depan orang-orang. Semakin bagus hasilnya anda hanya akan semakin besar kepala, dan semakin buruk hasilnya akan semakin membuat anda depresi pusing tujuh keliling.


2 Responses to "menjadi public speaker yang hebat, memukau dan mumpuni"

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    ReplyDelete

Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya. mari saling berbagi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel