ANTARA ADIT & SOPO VS JARWO VS UPIN &IPIN, LITERACY MEDIA, DAN MENDIDIK ANAK
ANALISIS LITERASI MEDIA
Adit, Sopo & Jarwo
Vs Upin & Ipin
Dosen
pengampu fathan S.Sos.M.si
ADIT & SOPO JARWO VS UPIN-IPIN |
Disusn
oleh
NAMA :Abdul Aziz Alfiansyah
NIM : 13211030
KELAS : KPI JURNALISTIK 2013
JURUSAN KOMUNIKASI
PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS USHULUDDIN DAN
DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI SURAKRTA
SURAKARTA
2016
BAB
I
PENDAHULUAN
a. Latar belakang
Dunia
animasi indonesia kini semakin berkembang, kartun huma di TVRI diakhir abad 20 tahun lalu, kini muncul
animasi-animasi baru karya animator indonesia, diantaranya Keluarga Somat, dan
Adit & Sopo Jarwo , meski masih baru. Acara terebut banya digemari oleh anak-anak karena
menggunakan animasi.
Diantara
dua kartun tersebut, Aditt & Sopo Jarwo memang ebih unggul dalam bidang
desain grafis yang tidak kaku seperti Keluarga Somat, Namu tayangan Adit Sopo
dan Jarwo juga harus bersain dengan berbagai kartun lainya yang juga tayang di
stasiun TV yang sama, antara lain, Upin & Ipin dari Malaysia, Kisah Zaman
dahulu dari Malaysia, Pokemon dari Jepang, Putri Sofia dariInggris, Sikancil
dari Malaysia.
Terutama
bila dibandingkan karttun Upin &Ipin yang sudah lebih dahulu tayang di MNC
TV, serta sudah lebih melekat di hati anak-anak, Kartun Adit, Sopo Jawo harus
lebih bersaing dengan kartun buatan Malaysia tersebut.
Media
TV menjadi salah satu media utama memepengaruhi masyarakat, dalam hal ini
anak-anak sebagai objek sasaranyya, bagaimana agara kartun tersebut dapat
dinikmati oleh masyarakat.
Melalui
makalah yang singkat ini penulis ingin menjelskan hasil quick mini riset yang
dilakukan terhadap beberpa anak TPA –AL-manshurin Klego Boyolali dalam
menikmati kedua acara kartu tersebut.
b. Rumusan Masalah
Untuk memeperjelas
penelitan ini, penulis memfokuskan penelitian pada
1. Pengertian media dan Literasi Media
2. kartun Adit, Sopo & Jarwo
3. quick Riet penelitian Survei Penonton Adit,
Sopo & Jarwo
BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian media
Kata
media berasal dari bahasa Latin, median, yang merupakan bentuk jamak
dari medium. Secara etimologi yang berarti alat perantara. Wilbur
Schramn mendefinisikan media sebagai teknologi informasi yang dapat digunakan
dalam pengajaran. Secara lebih spesifik, yang dimaksud dengan media adalah
alat-alat fisik yang menjelaskan isi pesan atau pengajaran, seperti buku, film,
video kaset, slide, dan sebagainya.
Adapun yang dimaksud dengan media
(wasilah) dakwah yaitu alat yang dipergunakan untuk menyampaikan materi dakwah
(ajaran Islam) kepada mad’u. Dengan banyaknya media yang ada, maka da’i harus
memilih media yang paing efektif untuk mencapai tujuan dakwah
2 Pengertian Literasi Media
Literasi Media adalah “ability to access,
analize, evaluate and communicate the content of media messages”.Literasi media
juga bermakna kemampuan untuk memahami, menganalisis dan mende-konstruksi
pencitraan media. Kemampuan untuk melakukan ini ditujukan agar pemirsa sebagai
konsumen media massa –termasuk anak-anak–menjadi sadar atau melek tentang cara
media dikonstruksi/dibuat dan diakses.
Literasi media juga
disebut dengan melek media. Seiring perjalanan waktu, arus informasi semakin
mudah disebarkan. Begitu pula teknologi yang menghantarkan informasi kian
cepat per-kembangannya. Publik sebagai sasaran atu target penyediaan informasi
tentu sangat diuntungkan dengan perkembangan teknologi komunikasi masa kini.
Namun, di lain pihak tidak sedikit perusahaan media yang gencar melakukan
penyediaan informasi sebagai bisnis menggiurkan yang akhirnya menciptakan apa yang
disebut sebagai industri media.
Secara umum prinsip
bisnis media atau industri media ini lebih diarahkan pada arus utama
(mainstream) bagaimana mendapatkan uang atau keuntungan bagi perusahaan, yang
terkadang tanpa mempertimbang-kan kepentingan publik. Akibat dari arus yang
kuat atas kepentingan uang ini, media mainstream menjadi tidak independen,
objektif dan akurat, atau dalam arti lain menjadi masalah baru bagi publik yang
seharusnya mendapatkan informasi yang sebenar-benarnya dan sekaligus positif bagi
masyarakat.
Masalah-masalah
tersebut diantaranya: tayangan (atau bacaan) yang diskriminatif terhadap ras,
ormas, parpol gender, dan agama, termasuk masalah anak dan hak asasi manusia
yang terabaikan. Efeknya bagi publik adalah ketidak- berimbangan informasi
dan pendidikan mengenai kemanusiaan, seakan-akan tidak ada rasa peduli pada
lingkungan. Informasi yang didapat publik
dari industri media
sudah didominasi kepentingan komersil sehingga men-jadi “tidak ramah publik.
Implikasi permainan pemilik modal industri pada akhirnya membuat publik tidak
mempunyai ruang untuk berpartisipasi dan mencari informasi yang
benar-benar mereka butuhkan. Peran lainnya sebagai pemelihara berbagai
pemikiran dan pemahaman yang pernah muncul di dunia Islam dari masa ke masa, berbagai
warisan intelektual Islam yang sampai pada kita merupakan saksi atas peran
media massa bagi Islam. Demikian juga munculnya berbagai aliran pemikiran
keislaman yang menyebar di wilayah tertentu di belahan dunia Islam merupakan
peran dari media yang memungkinkan mudahnya akses terhadap sumber-sumber
aaliran pemikiran tersebut
Media konvensional
seperti buku atau surat kabar, majalah atau jurnal (print media) dengan
berbagai variannya, serta media komunikasi modern seperti TV, radio
daninternet, memiliki karakter tersendiri, karakter utamanya sebagai produser
pesan, memasukkan media pada sektor lain; ekonomi. Ada keterlibatan teknologi
juga keterlibatan keuntungan. Apa yang terjadi di Barat sebagai reaksi terhadap
pers sensasional dan pers liberal pada pertengahan abad 20 mulai muncul
pers alternatif . Pers alternatif tersebut kadang bersifat lantang dan
nyaring serta berisikan berita kesuksesan atau pujian terhadap seseorang, gigih
mencari pendekatan yang fresh. Seperti mengangkat isu-isu keagamaan, isu
etnik, dan hal-hal yang sesuai kepentingan mereka.
Jika menggunakan
istilah di atas maka pers atau media massa Islam bisa disebut media alternatif
dalam hal media literasi , yang selalu menyuarakan kepentingan kelompok muslim,
serta terhindar dari sensasionalisme jurnalistik. Ia akan selalu mengangkat
isu-isu keislaman, dengan format kesejukan dan kedamaian --terhindar dari
provokasi,tabiat asasi dari media massa Islam adalah menyebarkan informasi
kebenaran kepada khalayak umum. Ia merupakan senjata –seperti
3. analisis Kartun Adit Sopo
& Jarwo
Antara
dan Adit & SopoJarwo
Upin- Ipin
1. Hasil analisis
Adit & Sopo Jarwo
Adit,
sopo jawo menceritakan kisah keseharian
anak kecil bernama adit yang memiiki banyak teman dan orang yang sayang, ia
dikenal sebagai pribadi yang baik , ceras dan taat beribadah, dilain sisi
dikisahkan sopo dan jarwo seorang pengangguran yang bekerja kadang kurang
begitu amanah.
Memang
kartun ini merupakan kartun yang paling bagus di Indonesia dan sempat
mendapatkan awards dari Komisi Penyiaran indonesia sebagai animasi terbaik.
Namun, karakter sopo dan jawo agak kurang begitu menconthkan sifat yang bagus,
walaupun keduanya diperankan sebagai tokoh antagonis dalam kartun ini.
Jarwo
sebagai bos, lebih bersifat seperti atasan yang semena-mena pada sopo,
bwahnnya, hal tersebut bila di samapaikan pada anak-anak kurang begitu
mendidik, sementara sopo dalam kartun ini diperankan sebagai orang dewasa yang
berbadan besar, namun begitu bodoh, dan mudah diakali, diperanan memiliki peran
tersebut, seharusnya peran seorang orang yang lebih dewas agar dapat
diperankan dengan karakter yang
bijaksana dan mencontohi.
Upin-ipin
Upin - Ipin mmberikan cerita yang apa adanya, mengalir,
khas pergaulan anak-anak kampung dengan segala hiruk pikuknya, dengan segala
keragaman, kenaifan, keluguan, kreativitas, dan kenakalan anak-anak. Upin,
ipin, Ehsan, Mail, Mei-mei, Jarjit, Ijat, Opah, Ka Ros, Atuk Dalang, Uncle
Muhtu dan yang lain adalah persona persona yang memiliki keunikan karakter
masing-masing
Dikartun
ini diceritakan bagaimana
pengisahan keseharian yang benar-benar pengalaman keseharian, yang dipetik dari
realitas dan pengalaman hidup itu. Bagaimana rasanya punya kakak yang cerewet
namu baik dan perhatian seperti Ka Ros, tergambar dengan baik disitu.Bagaimana
mempunyai teman anak manja tukang makan seperti Ehsan juga tergambar dengan
sempurna.
Hasil
analisis
Upin-Ipin memang
serial kartun yang disasarkan untuk anak-anak. Karena itulah makan isi
ceritanya harus menceritakan secara bijak dunia anak-anak dan bagaiamana cara
mereka melewatinya. Adit & Sopojarwo sebaliknya adalah cerita sinetron
pasaran yang dibungkus dalam bentuk kartun. Sehingga alur dan setting cerita
dan segala halnya dibuat sebisa mungkin tidak masuk akal dan membuka ruang
untuk konflik.
Mayoritas penikmat televisi di Indonesia tentu mengenal
film kartun Upin - Ipin besutan L' Copaque asal negeri jiran Malaysia. Film
yang mengisahkan realitas hidup anak-anak balita di sebuah kampung yang bernama
Durian Runtuh. Mayoritas penikmat televisi bisa jadi juga mengenal serial Adit
& SopoJarwo, film kartun domestik yang juga mengambarkan pengalaman hidup
sehari-hari anak-anak dan masyarakat pinggir kota Jakarta.
4. Hasil QuicK Riset
Penelitian dan survei
terhadap dua kartun ini dilakukan oleh penulis pada anak-anak TPA AL-Manshurin
ds, Blumbang kec. Klego Kabupaten Boyolali, dilakukan pada hari selasa, 17 mei
2016 dengan memberikan beberapa angket survei. Berikut hasil penelitian.
No.
|
Nama
|
Kelas
|
Umur
|
Tanggapan
|
|||
Adit,
sopo & jawo
|
tanggapan
|
Upinn
& ipin
|
tanggapan
|
||||
1
|
Vigo maualana
|
1 SD
|
7 tahun
|
-
|
Acaranya sore hari waktu belajar jadi tidak
nonton,
Sukanya Cuma sma adit
|
V
|
Lebih seru, certitanya dan pemainnya
|
2.
|
Natasya intan nur aini
|
3 SD
|
9 tahun
|
v
|
Suka acara ini karena lucu, sewaktu sopo dan jarwo
kena ulahnya
|
V
|
Upindan ipin seru
lucu juga
|
3.
|
Arif Yarjuna P
|
3 SD
|
9 tahun
|
-
|
Tidak nonton
|
V
|
Acaranya seru apalagi ada filmya waaktu
petuaalangan tim
|
4.
|
Dira
|
TK
|
5 tahun
|
-
|
Adit & sopo jarwo banyak orang tuanya
|
V
|
Kalo upin dan ipin pemainya anak-anak kecil, lucu
|
5.
|
Linda Mardiana
|
1 SD
|
6 Tahun
|
v
|
Sopo dan jawo nonton
|
v
|
Upin &ipin nonton banyak siang sama sore juga
nonton, sikancil, pow patrol, sama pade zaman dahulu
|
6.
|
Faiz Azka Lubis
|
3 SD
|
9 tahun
|
-
|
Tdak suka nonton
|
-
|
Tidak suka nonton, kalau habis sekolah main
|
7.
|
Rohimin
|
2 SD
|
-
|
-
|
Sopo jarwo acaranya sekarang malam habis magrib,
waktunya ngaji
|
V
|
Kalau upin-ipin isang har, sukanonto ipinnya,
betul-betul, betul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari hasil survei didapatkan 6
dari 7 anak lebih suka menonton acara upin dan ipin,
Dapat diambil
kesimpulan bahwa upin *&ipin memang mamainkan peranya dalam mempengaruhi
objek pendengarnya yakni para anak-anak, upin dan ipin disajikan dalam basa
anak-anak yang manja masih kecil berusia TK. Hall ini bagi anak-anak juga tentu
sangat menyenangkan, bahkan pendapat dari orang tua merak juga menyatakan bahwa
acara seperti upin dan ipin juga bagus buat anak-naka dari pada accara animasi
karya negar jepang yang kurang mendidik.
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66 (NEW)
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!?