Komunikasi Massa, Perbandingan Pemberitaan Pilpres di Hongkong 2014 Versi TV One dan Metro TV
BAB I
PENDAHULUAN
Latar belakang
Televisi
adalah salah satu media penyebaran informasi yag lebih diminati masat Perkembangan
kepemilikan pesawat televisi juga semakin meningkat. Hampir setiap rumah tangga
mempunyai peralatan (media) ini, bahkan ada juga yang memiliki lebih dari satu.
Berita televisi adalah bagian sangat penting untuk industri televisi itu
sendiri dan peneliti dalam studi media. Kepetingan umum merupakan isu besar
dalam pemberitaan televisi. Kepentingan umum tersebut muncul dari berbagai
faktor. Sebagai contoh, berita televisi menyediakan khalayak dengan informasi
tentang masalah-masalah yang kita alami sehari-hari namun serta masalah dari
kehidupan diluar dunia kita. Berita menjadi penting karena sebagian televisi
mengangap bahwa program pemberitaan mereka adalah identitas dan menjadi
tayangan unggulan stasiun mereka (Casey, Casey Calvert, French, & Lewis,
2005. Hal ini semakin diperjelas semenjak adanya Pilpres tahun 2014 lalu
yang sempat memecah belah stasiun televisi di Indonesia karena perbedaan haluan
dan kepemilikan satasiun televisi tersebut.
Di Indonesia kita mengenal ada dua stasiun
televisi yang mempunyai orientasi dan atau menjadikan berita sebagai sajian
utama mereka. Kedua stasiun tersebut adalah TVOne dan MetroTV. Dengan tagline
MetroTV yang berbunyi “knowledge to elevate”, MetroTV
mempunyai visi menjadi sebuah stasiun televisi yang berbeda di Indonesia yang
berbeda dengan peringkat nomor satu untuk berita dengan kepemilikan Surya Paloh
yang pada Pilpres tahun lalu berhaluan plitik pada Kubu Presiden Joko Widodo
memberikan pemberitaan yang hanya menonjolkan pada kubu Jokwi. Tidak mau kalah
dengan MetroTV, TVOne yang terhitung baru dalam persaingan Program berita
tampil dengan tagline yang berbunyi “terdepan mengabarkan”.berusaha bersaing
dengan Metro TV dan berusaha memberikan informasipada publik sesuai haluanya
yaitu Abu Rizal Bakridari partai Golkar yang ikut mendukung Kubu Prabowo.
Melalui
makalah yang singkat ini penulis mencoba ingin memberikan analasis terkait
pmberitaan penghitungan suara Pilpres tahun 2014 lalu pada satsiun televisi
Metro TV dan TV One yang berbeda haluan dan memberikan efek kebingungan pada
puvlik. Harapanya semoga dapat memberikan wawasan dan melek media bagi para
pembaca.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
PROFIL MEDIA
MASSA
-
Profil tv one
tvOne (sebelumnya bernama Lativi) adalah sebuah stasiun televisi
swasta Indonesia. Stasiun televisi ini didirikan pada tanggal 9 Agustus 2002
oleh pengusaha Abdul Latief. Pada saat itu, konsep penyusunan acaranya adalah
banyak menonjolkan masalah yang berbau klenik, erotisme, beritakriminalitas dan
beberapa hiburan ringan lainnya. Sejak tahun 2006, sebagian sahamnya juga
dimiliki oleh Grup Bakrie yang juga memiliki antv.
Pada 14 Februari 2008, Lativi secara resmi berganti nama menjadi
tvOne, dengan komposisi 70 persen berita, sisanya gabungan program olahraga dan
hiburan. Pasa Sejak Hari Kamis, 14 Februari 2008, pukul 19.00 WIB Malam,
merupakan saat bersejarah karena untuk pertama kalinya tvOne mengudara.
Peresmian dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono,
tvOne menjadi stasiun tv pertama di Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk
diresmikan dari Istana Presiden Republik Indonesia.
TV One memberikan informasi sseperti pemberitaan dari dunia
Olahraga. Mengklasifikasikan program-programnya dalam kategori News One, Sport
One, Info One, dan Reality One, tvOne membuktikan keseriusannya dalam
menerapkan strategi tersebut dengan menampilkan format-format yang inovatif
dalam hal pemberitaan dan penyajian program.. Sebagai pendatang baru dalam
dunia News, tvOne telah mempersiapkan bentuk berita baru yang belum pernah ada
sebelumnya. Seperti Apa Kabar Indonesia, yang merupakan program informasi dalam
bentuk diskusi ringan dengan topik-topik terhangat bersama para narasumber dan
masyarakat, disiarkan secara langsung pada pagi hari dari studio luar tvOne.
Program berita hardnews tvOne dikemas dengan judul : Kabar Terkini, Kabar Pagi,
Kabar Pasar, Kabar Siang, Kabar Petang dan Kabar Malam.
-
Profil metro tv
MetroTv merupakan salah satu televisi nasional
yang berdiri sejak 25 Oktober 1999 di bawah naungan PT. Media Televisi
Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu anak perusahaan yang berada di
bawah naungan Media Group yang merupakan salah satu perusahaan terkemuka di
Indonesia. Media Group sendiri dipimpin oleh Surya Paloh yang menjabat sebagai
CEO yang telah mempunyai berbagai pengalaman dalam industri media lokal dan
merupakan penerbit surat kabar terbesar ketiga secara nasional di Indonesia.
Hal ini semakin memberi ruang Metro Tv untuk semakin maju dalam menjadi media
pemberitaan baik nasional maupun internasional .
MetroTV sendiri mulai mengudara pada
tanggal 25 November 2000 untuk pertama kalinya dengan serangkaian uji coba
siaran dalam 7 kota. Pada awalnya MetroTV hanya ditayangkan dalam waktu 11 jam
tiap harinya. Namun sejak tanggal 1 April 2001 MetroTV mulai menayangkan
program-program andalan-nya sepanjang 24 jam non stop. Metro Tv memberikan
Program-Progrma baru yang yang bersifat memberikan informasi pada Publik yang
bersifat news pemberitaan dengan bahasa inggris dan bahasa cina dan informasi
terkini baik seputarnasional maupun inernasional .
Metro TV jua membuat Program-program yang berbeda dari Stasiun tv LAIN seperti membuat program bilingual atau dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Mandarin dalam program "Indonesia This Morning" dan "Metro Xin Wen". Selain itu, MetroTV juga menawarkan program-program inspiratif seperti "Mario Teguh Golden Ways". Metro TV tidak memberikan Program sinetron akan tetapi hanya Hiburan seperti Stand Up Comedy Indonesia.
Metro TV jua membuat Program-program yang berbeda dari Stasiun tv LAIN seperti membuat program bilingual atau dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Mandarin dalam program "Indonesia This Morning" dan "Metro Xin Wen". Selain itu, MetroTV juga menawarkan program-program inspiratif seperti "Mario Teguh Golden Ways". Metro TV tidak memberikan Program sinetron akan tetapi hanya Hiburan seperti Stand Up Comedy Indonesia.
![]() |
![]() |
|
Pemilik
|
Media Grup Indonesia
|
|
Jangkauan
|
Seluruh Indonesia (Nasional)
|
Seluruh Indonesia (Nasional)
|
Tokoh penting
|
Abu Rizal Bakrie
|
Surya Paloh
|
Tahun berdiri
|
9 agustus 2002 (sebelumya saat bernama Lativi
TV)
14 februari 2008 (ketika sudah menjadi TV One)
|
25 Oktober 1999
(didirikan)
25 November 2000
(Resmi Mengudara)
|
Tagline/ slogan
|
Saat menadi Lativi
"Saluran Penuh Nilai Dan Makna"
(17 Januari 2002-7 Agustus 2004) "Pasti" (7 Agustus 2004-31 Desember2006) "Berani Beda" "Memang Beda" (1 Januari 2008-14 Februari 2008)
Sebagai Tv One
“memang Beda”
(14 Februari 2008-14 Februari
2010)
“Menuju Sau Dunia”
(14 Februari 2010- 2 maret 2012)
“Terdepan Mengabarkan”
(2 Maret 2012- sekarang)
|
Be
smat be informed
(sebelum 2010)
Knowledge
to Elevate
(2010-sekarang) |
Kantor Pusat
|
Jakarta, Indonesia
|
Jakarta, Indonesia
|
Situs Web
|
http://www.tvonenews.tv/
|
http://www.metrotvnews.com/
|
2.
Analisis
program berita TV One dan Metro TV
Pada
kesempatan kali ini penulis akan akan memberikan analisa pemberitaan TV One dan
Metro TV terkait pemberitaan Pemungutan suara Pilpres tahun 2014 dinegara Hongkong. Dalam pemberitaan tersebut
masingmasing satsiun televisi memberikan pemberitaan yang berlawanan. Yang
dirasa memberikan pemberitaan sesuai haluan pemilik Stasiun Telvisi Tersebut.
Pada kesempatan ini penulis akan meberikan analisa dalam Program Metro Siang
milik Metro TV dan Apa Kabar Indonesia Milik Tv One.
a. Deskripsi Program Acara Pilpres Dihongkong Hari
Ke 1
Pada pemberitaaan Pemilihan Pilpres 2014
dihongkong kedua satsiun televisi sama-sama memberikan informasi terkait hal tersbut
namun ada perbedaanya. Penulis memilih program berita yang ada dikedua stasiun
televisi “Kabar Siang” mlik TV One dan “Metro Siang” Milik
Metro TV. Program Kabar siang merupakan progrm berita milik TV
One yang disiarkan pagi hari biasanya pada pukul 12.00 WIB hingga pukul
13.00 WIB berbentuk pemberitaan yang disiarkan dari tempat berseting studio.
kabar siang menghadirkan pembicara terkait materi pemberitaan yang akan
disampaikan oleh pembawa acara. Sementara Metro Siang adalah Program
acara Berita yang disuguhkan oleh Metro TV pada siang hari yang
berbentuk pemberitaan News baik seputarIndonesia maupun Manca Negara yang
dibawakan oleh pukul 12.00WIB hingga Pukul 13.00 WIB
Pada Analisa yang dilakukan oleh penulis dalam
kedua pemberitaan stasiun televisi tersebut.masing-masing berita Pilpres
tersebut disiarkan dalam satu acara bedanya TV one menggunakan pemberitaan
dengan mendatangkan Narasumber langsung yang tahu akan kondisi Pilpres di
Hongkong serta disiarka dalam beberapa sekmen, pembicara tersebut diajak
berdiskusi terkait Pilpres dihongkong. sementara Metro TV memberikan Berita
dengan cara berita disampaikan oleh pembawa acara dan juga laporan Reporter.
Pemberitaan Kabar Siang TV one
memberitakan mengenai klasifikasi Bawaslu terkatit kericuhan yang terjadi pada
Pilpres dihongkong, menurutnya plpres dihongkong diwarnai dengan kericuhan
termasuk karena masih banyak WNI yang tidak terdaftar dalam pilpres tersebut
juga karena adanya oknum yang mengklaim adanya seorang panitia pemilu yang
memperbolehkan WNI mencoblos satu hanya untuk CAPRES. Sementara Metro Siang
Metro TV memberikan pemberitaan Pilpres dihongkong dengan berita bahwa banyak
WNI yang tidak bisa membeikan suaranya karena dihalangi oleh Bawaslu Izin penggunaan TPS hanya sampai pukul 17.00
WIB Karena Banyaknya WNI yang tidak terdaftar yang datang datang ke TPS.
a.
Analisis program berita TV One dan Metro TV pemberitaan
pilpres diHongkong analisis Kritis
Sebagaimana kita ketahui semenjak masa kampanye
Pilpres 2014 lalu Metro TV dan TV One menjadi Televisi yang paling menonjolkan
dalam kampanye Capres. TV One didominasi Oleh Calon Presiden Prabowo dan
Wakilnya Hata Rajasa, saat itu TV dimiliki oleh AbuRizal Bakrie yang ikut dalam
koalisi Merah Putih Milik pendukung Prabowo tentu dalam setiap pemberitaanya
banayk menonjolkan kampanye mendukung Capres Praboowo dan Wakilnya. Sementara Metro TV, Stasiun yang dimilik
Surya Paloh ini didominasi oleh pemberitaan, pencitraan dan kampanye paasngan
capres dan cawapres Jokowi dan Jusuf Kala. Karena Surya Paloh adalah salah satu
tim kemengan kubu Jokwi yang juga tergabung dalam koalisinya yaitu Koaalisi
Indonesia Hebat.
b. Analisis program berita TV One dan Metro TV
dengan Teori Komunikasi Massa
Berita mampu
memberikan effect bagi pendengarnya berupa rasa kepercayaan yang ada dari
berita yang disampaiakan, sehingga seakan terlihat seperti Realitas. Masyarakat
yang berpikir secara brsungguh-sungguh mudah mengambil sebuah pembenaran dari
tayangan televisi. hal ini juga yang digunakan oleh “Kabar siang ” milik TV One
dan “Metro Siang” milik Meto TV dalam menyampaikan Pemberitaan terkait pilpres
2014 berita di televisi memiliki peran
yang sangat besar dalam membentuk pola pikir masyarakat. Terutama acara yang
ditayangkan media audio-visual televisi. Televisi merupakan media yang paling
banyak dinikmati oleh masyarakat kini. Masyarakat cenderung meyakini apa yang
ada ditayangkan televisi adalah sebuah kebenaran.
1.
Teori jarum suntik /
Teori Peluru
Kabar
siang ” TV One dan “Metro Siang” Meto TV
Pada Dasarnya menggunakan teori yang hampir sama, seperti teori Jarum
Suntik (Hypodermic Needle Theory). Pada umumnya khalayak dianggap hanya
sekumpulan orang yang homogen dan mudah dipengaruhi. Sehingga, pesan-pesan yang
disampaikan pada mereka akan selalu diterima. Fenomena tersebut melahirkan
teori ilmu komunikasi. Teori ini menganggap media massa memiliki
kemampuan penuh dalam mempengaruhi seseorang seperti yang digunakan oleh “Kabar
siang ” TV One dan “Metro Siang” Metro TV. Media massa dianggap memiliki kekuatan yang luar
biasa, sehingga khalayak tidak mampu membendung informasi yang dilancarkannya.
-
Khalayak dianggap pasif, tidak mampu bereaksi apapun kecuali hanya menerima
begitu saja semua pesan yang disampaikan media massa.
-
Penggambaran kekuatan media massa yang begitu besar
menyebabkan teori media massa awal
-
Teori ini mengasumsikan bahwa komunikator yakni media
massa digambarkan lebih pintar dan juga lebih segalanya dari audiens. Banyak
yang mengatakan teori ini sudah tidak relevan. Namun menurut kami, masih banyak
media yang meggunakan teori ini dalam melakukan doktrinnya. Sebagian masyarakat
masih sangat mudah terpengaruh (percaya) terhadap isu-isu yang disampaikan.
Melalu pemberitaan
kabar sianng dan Metro siang secara tidak sadar kedua program cara tersebut
memberikan effek bagi masyarakat khususnya terkait pemberitaan Pilpres sesuai
asumsi TV dan Haluan Politi Masing-masing satsiun TV
2.
Teori efek media
terbatas
Kabar
siang ” TV One dan “Metro Siang” Meto TV
Pada Dasarnya menggunakan teori yang hampir sama, seperti teori Efeect
Media Terbatas. Teori komunikasi massa yang menekankan pada kekuatan media
untuk mengubah perilaku ini pada beberapa dekade berikutnya mulai mendapat
beberapa kritikan.
-
Penelitian-penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa sesungguhnya media
massa memiliki efek yang kecil dalam mengubah perilaku.
-
Hal ini ditunjukkan oleh penelitian dari Carl I.
Hovland mengenai efek film pada militer yaitu bahwa proses komunikasi massa
hanyalah melakukan transfer informasi pada khalayak dan bukannya mengubah
perilaku sehingga perubahan yang terjadi hanyalah sebatas pada kognisi saja.
-
Faktor-faktor tersebut merujuk pada proses selektif berpikir manusia yang
meliputi persepsi selektif, terpaan selektif dan retensi (penyimpanan/memori)
selektif.
-
Ini berarti bahwa media massa memang punya pengaruh, tetapi bukanlah
satu-satunya penyebab.
Kabar siang berusaha mengajak
sebanyak-banyaknya khalayak untuk mempercayai ucapan yang disampaiakanya yaitu
bahwa Kericuhan Pilpres dihongkong dihongkong diwarnai dengan kericuhan termasuk karena masih banyak
WNI yang tidak terdaftar dalam pilpres tersebut juga karena adanya oknum yang
mengklaim adanya seorang panitia pemilu yang memperbolehkan WNI mencoblos satu
hanya untuk Capres. Sementara Metro Siang berusaha mengajak khalayak
untuk percaya pemberitaan kericuhan Pilpres yang ada dihongkong karena
Banyaknya WNI yang tidak terdaftar yang datang
datang ke TPS. Migrant Care dan PPLN sudah diingatkan kegiatan Pilpres
dihongkong tersebut. Migrant Care mengangap kejadian kericuhan tersebut sebagai
kejadian biasa hal yang wajar atau karena adanya kepentingan untuk memenagkan
salah satu Capres.
Namun hal
tersebut memberikan effect bagi pendukung Jokowi maka maka Kubu Jokowi tidak
akan mudah percaya dengan berita yang disampaikan televisi pendukung kubu Pabowo, sebaliknya kubu Prabowo tidak
akan mudah percaya berita yang disampaikan televisi pendukung kubu Jokowi. Maka
khalayak meiliki peran dalamm menentukan pilihan seperti dua tayangan tersebut.
Pemilihan jam
tayangnya pun sangat cerdas. Kedua Program berita tersebut memberi tawaran
kepada khalayak untuk melihat tayangannya dengan mengesampingkan
tayangan-tayangan yang dinali lain oleh masyarakat. Bagi pendukung Kubu Jokowi
Pasti akan suka Menonton Metro siang sementara pendukung Kubu Prabowo pasti
akan menonton Kabar siang. bagi masyarakat kebanyakan.
Pada jam tayangnya
kedua program tersebut yakni pada pukul 12.00-13.0WIB Khazanah bersaing
dengan Program lainya Seputar Indonesia
siang (RCTI,12.00-13.00), Liputan 6 siang (SCTV,12.0013.00), fokus siang
(INDOSIAR,12.00-13.00), lintas siang (MNCTV,12.00-13.00), Reportase Siang
(TRANSTV,12.00-13.00) dan lain-lainnya
3.
Teori Agenda Setting
Selain
itu dalam pemberitaan pilpres di Hongkong Versi TV One dan Metro TV ini juga
dinilai dapat menggunakan teori agenda setting, dimana didalamnya Media massa
dapat memainkan dan memengaruhi pendapat umum dengan menekankan isu-isu
tertentu dan melakukan peliputan secara Terus menerus terhadap isu tersebut,
yaitu memberikan perhatian pada sebuah isu dan mengabaikan isu yang lainnya. Sebagai hasil dari
adanya agenda media tersebut, maka akan memunculkan efek
terhadap kebijakan-kebijakan publik.
Berdasarkan teori agenda-setting ini, dapat dipahami bahwa media
memiliki kekuatan yang besar dalam memengaruhi khalayak. Yang menjadi ingatan
khalayak adalah apa yang disajikan oleh media. Dampak dari agenda-setting media akan memberikan gambaran dari
realitas yang ditekankan oleh media itu pada benak khalayak seperti apa yang
telah dikonstruksikan media.
Melalui pemberitaan yang disiaraknan di Kabar Siang di TV One maupun
di Metro Siang Metro TV memiliki perbedaan. hal tesebut memang sengaja
dilakukan oleh pemilik dan Produksi masing-masing stasiun Televisi untuk
menyirakan informasi sesuai haluannya. Bagi pendukung kubu Jokowi, kebanyakan
mereka akan selalu mengingat bahwa yang akan disiarkan oleh metro TV pasti
perkembangan mengenai Jokowi termasuk dalam hal Pilpres diHongkong termasuk
isu-isu yang disampaikan. Sementara bagi pendukung Kubu Prabowo juga pasti akan
mengingat apa yang akan diberitakan oleh Program-Program Berita TV One pasti
akan memberikan perhatian pada lebih kubu Prabowo dan meninggalkan kubu Jokowi.
Seperti pemberitaan Kabar siang dalam berita pilpres dihongkong
tersebut diberitakan bahwa menurutnya plpres dihongkong diwarnai dengan kericuhan termasuk
karena masih banyak WNI yang tidak terdaftar dalam pilpres tersebut juga karena
adanya oknum yang mengklaim adanya seorang panitia pemilu yang memperbolehkan
WNI mencoblos satu hanya untuk Capres. Hal ini tentu sangat mendukung Prabowo
mengingat Kericuhan pilpres dihongkong dalam hasil pemungutan suara dimenangkan
leh Kubu Jokowi. Sementara berita di Metro siang tetap seperti biasa
karena tiak ada masalah bagi kubu Jokowi bahwa banyak WNI yang tidak bisa
membeikan suaranya karena dihalangi oleh Bawaslu Izin penggunaan TPS hanya sampai pukul 17.00
WIB Karena Banyaknya WNI yang tidak terdaftar yang datang datang ke TPS. Migrant Care dan PPLN sudah
diingatkan kegiatan Pilpres dihongkong tersebut.
4.
Teori uses and
Gratification
Teori ini mempertimbangkan apa yang dilakukan orang pada media, yaitu
menggunakan media untuk pemuas kebutuhannya. Pemberitaan
Kabar Siang dan Metro siang dalam hal pemungutan suara pemilihan presiden di
Hongkong sepertinya mengesampingkan
teori Uses and Gratification. Mereka memang bisa
menembakkan peluru berita ke khalayak memberikan suatu rpemberitaan, namun masyarakat
mempunyai peran untuk menerima atau menolaknya. Masyarakat memiliki standar
untuk pemuasan dirinya. Ketika suatu tayangan tidak lagi menjadi kebutuhan masyarakat
dengan sendirinya masyarakat akan meninggalkan kebanyakan para penonton kedua
TV tersebut adalah mereka yang suka beruusan dengan TV Politik seperti Teori
Effect media terbatas aapbila penonton suadah mulai bosan dengan program yang
disuguhkan suatu televisi maka otomatis penonton tersebut akan berhenti
menonton dan berganti acara yang ditonton karena tidak sesuai yang diinginkan..
Karena di antara tayangan-tayangan yang dinilai kontroversial seperti
pemberitaan Metro TV yang menjelekkan Kubu Prabowo dan sebagainya.
Teori Uses and Gratification memiliki asumsi dasar
sebagaimana ditulis oleh pendirinya Katz, Blumler dan Gurevitch, 1974.
- Khalayak aktif dan penggunaan medianya berorientasi pada tujuan
- Inisiatif dalam menghubungkan kepuasan kebutuhan pada pilihan
media tertentu terdapat pada anggota khalayak
- Media berkompetisi dengan sumber lainnya untuk kepuasan kebutuhan
- Orang mempunyai cukup kesadaran diri akan penggunaan media mereka,
minat, dan motif sehingga dapat memberikan sebuah gambaran yang akurat mengenai
kegunaan tersebut kepada para peneliti
- Penilaian mengenai nilai isi media hanya dapat dinilai oleh
khalayak.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Media
Massa adalah suatu alat yang memberikan informasi median pada khalaayak umum,
tidak semua pemberitaan yang ada di media masaa dapat kta ambil sebagai bahan
pertimmbangan, karena dibalik pemberitaan media massa terdapat berbagai macam
teori komunikasi massa yang di inginkan oleh media tersebut agar media tersebut
semakin diinginkan oleh masyrakat umum
TV One
dan Metro TV adalah TV Swasta dengan kepemilikan Pribadi yang masing-masing
pemilik memiliki haluan politik yang berbeda-beda. Untuk mendaptkan informasi
yang benar maka harus diperlukan kepekaan terhadap media. Melek media untuk
mendapatkan hasil yang semestinya diinginkan.
Saran
Kita
sebagai masyarakat indonesia harus lebih bisa peka terhadap media bisa
menyaring apa yang dianggap bear bukan mengikuti pemikiran orang lain. Melek
media sangat diperlukan bukan untuk orang dewasa saja melainkan sejak usia dini
untuk menghindari keslahan dalam menerima pemberitaan dari media massa
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66 (NEW)
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!?