-->

PETA DAKWAH DAN PROFIL SASARAN DAKWAH DENGAN TABEL DESA BLUMBANG KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI





Latar Belakang Masalah
Dakwah merupakan suatu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari umat Manusia, dari dakwahlah manusai dituntun untuk menuju jalan yang benar dakwah yangdulu dikerjakan dari para pembawa agama, Para Nabi dan Rosul mengisahkan berbagai macam kajian usah tak terlebihsaat ini dakwah yang terjadi di Indonesia .
Indonesia dikenal dengan jumlah pendudu Muslim terbesar di dunia, yang akhirnya juga menimbulkan sekelumit persoalan/Problematika dakwah yang harus dijumpai oleh para Dai dalam menjalankan dakwahnya.. Hal ini karena strategi dakwah perlu disesuaikan dengan kondisi mad’u maupun lingkungannya. Oleh karena itu adanya peta dakwah merupakan suatu keharusan bagi da’i agar ia bisa menyiapkan strategi dakwah yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan  mad’uwnya.
Melalui tulisan ini, penulis berusaha menyajikan gambaran desain dakwah yang akan dikerjakan di Desa Blumbang, Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali, diamana didalamnya sebagain mayoritas terdapat masyarakat yang beranekaragam
B.     Rumusan Masalah
Melihat latar belakang di atas maka bisa dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana komposisi demografis keagamaan warga Desa Blumbang RW.002?
  2. Bagaimana latar belakang pendidikan dan pekerjaan mad’u?
  3. Bagaimana pemahaman keberagamaan di Desa Blumbang RW.002?
  4. Berapa jumlah da’i yang aktif berdakwah di Desa Blumbang RW.002?
  5. Berapa jumlah sarana ibadah di? Desa Blumbang RW.002
  6. Apa saja kegiatan-kegiatan keberagamaan di Desa Blumbang RW.002?
C.    Tujuan penelitian
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
  1. Ingin mengetahui komposisi demografis keagamaan warga Desa Blumbang RW.002.
  2. Dapat mengetahui latar belakang pendidikan dan pekerjaan mad’u.
  3. Ingin mengkaji pemahaman keberagamaan masyarakat di Desa Blumbang RW.002
  4. Mengetahui jumlah da’i yang aktif berdakwah di Desa Blumbang RW.002
  5. Dapat mengetahui jumlah sarana ibadah di Desa Blumbang RW.002
  6. Mengetahui kegiatan-kegiatan keberagamaan di Desa Blumbang RW.002.
  7.  
  8.  
D.    Manfaat dan Kegunaan Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan supaya dapat menjadi acuan para da’i yang akan beraktivitas dakwah di Desa Blumbang RW.002. Disamping itu juga diharapkan bisa mempermudah para da’i untuk menyusun strategi dakwah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.
 E.     Objek Penelitian Dakwah
Objek penelitian ini ialah warga Desa Blumbang RW.002 Kecamatan Klego. Kabupaten Boyolali Jawa Tengah Kode Pos 57385 Pada Bulan Desember 2015

    II.            METODOLOGI PENELITIAN
A.     Metode penelitian
Dalam penelitian ini kami menggunakan beberapa metode sebagai berikut:
1.      Wawancara
Wawancara dilakukan dengan melakukan tanya jawab kepada beberapa informen kunci yakni salah satu pengawas pemilu Blumbang untuk mengetahui Jumlah Warga Desa Blumbang RW.002 dengan Biodata lengkapnya
2.      Pengisian Angket
Belum Terlaksana.
B.     Sumber data
Penelitian ini didasarkan pada data-data yang merupakan hasil dari pengisian angket penduduk setempat dan wawancara dari beberapa nara sumber yang merupakan tokoh di daerah setempat. Penelitian ini tidak menggunakan data-data yang telah tersedia di lembaga-lembaga resmi karena memang belum tersedia dan masih dalam proses penyelesaian.
C.    Analisis data
Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan proses-proses reduksi data. Dimana data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan deskriptif  yang akan dipaparkan dalam beberapa sub pembahasan secara mendetail.

 III.            HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Komposisi Demografis Keagamaan Warga Desa Blumbang RW.002
Penduduk di Desa Blumbang RW.002 mayoritas Muslim ada beberapa yang menganut agama Katholik. Desa Blumbang merupakan Desa ang terletak di kecamatan Klego 2Km kearah selatan dari pertigaan Klego. Lokasi ini cukup mencolok dari jalan Raya diarenakan desa bLumbang merupakan Desa yang dilalui jalan raya jalur alternatif menuju Semarang ataupun menuju Solo.yak. Sehingga Masyarakat akan mdah untuk mengetahui kondisi desa Blumbang.
Semejak 1 tahun ini telah terjadi peningakatan pesat di Desa Blumbang berupa didirikannya Pabrik Garmen yang mengakibatkan banyaknya masyarkat dari daerah lain yang datang ke Desa Blumbang. Kini masyarakat desa Blumbang semakin kian banyak.
Sementara itu kondisi Keagamaan Warga Desa Blumbang RW.002 yang berisikan RT.006, RT.007, RT.008, serta RT.005 ditempati dengan mayoritas penduduk beragama islam. Ormas yang ada di RW.002 antara lain, NU, LDII, dan MTA. Selain itu di RT.007 Diperbatasan Desa warga yang beragama Katholik, dengan bangunan Gereja yang didirikan disana.
B.     Latar Belakang Pendidikan dan Pekerjaan Mad’u
Warga Desa Blumbang RW.002 rata-rata berlatar belakang pendidikan Rendah , bagi sebagian penduduk yang sudah berusia lebih mereka banyak yang belum sekolah, sementara anak-anak dan cucu-cucu mereka didesa Blumbang Rata-rata mengenyam pendidikan hingga SMA/SMK dan sebagian kecil dari mereka yang melanjutkan sudi kejenjang perguruan tinggi.
Sedangkan Mayoritas warga Desa Blumbang RW.002 berprofesi sebagai Petani, Buruh Pabrik, , gian lain adayang berprofesi sebagai pedagang dan Wirusaha serta , dan lain-lain. Darikondisi yang demiian Masyarakat Desa Blumbang RW.002 cenderung bersifat sosialitas, kegotongroyongan juga masih sering diadakan namun belum terlalu berfikiran maju layaknya diperkotaan.
C.    Sarana Ibadah
Tempat ibadah yang berada di  desa Desa Blumbang RW.002 terdapat dua Masjid dan Satu Mushola.Masjid Almanshurin yang berada diwilayah RT.006 Miilik warga LDII yang juga digunakan umum, Masjid Al-Ikhlas yang berada di Rt.008 masjid ini merupakan masjid yang cukup agak besar sehigga banyak jamaahnya di Takmiri Oleh Bp. Darto . Serta 1 Mushola berada diRT.005 yang sangat aktif digunakan tatkla Ramadhan. Di Desa Blumbang RW.002 Juga terdapat bangunan Gerja yang berada diselatan Desa
D.    Pola Kepemimpinan
Dalam rangka syiar islam .Oleh Rukum Warga 02 Desa Blumbang ketiga tempat ibadah tersebut juga digunakan dengan dengan adil seperti takla ada penyuluhan informasi penting dari desa, berita Lelayu/ kematian hingga pembagian daging Qurban yang merata.
E.   Kondisi Da’i
Jumlah Da’i di Desa Blumbang RW.002 ada begitu banyak hampir disetiap RT Memiliki Jurudkawah tersendiri hingga adanya acara resepsi atau walimatul urus, selain itu darimasing-masing Ormas islam di Desa Blumbang RW.002 seperti  NU, MTA dan LDII di Desa Blumbang RW.002 juga terbilang cukup bayak daat diksarkan jumlahnya dapat mecapai 15 oRANG
F.     Kegiatan keagamaan
KEGIATAN KEGAMAAN DI Desa Blumbang RW.002 cukup tinggi dan signifikan, terutama warga LDII di RT.006 yang setiap hari egadakan kegiatan pengajian di Masjid dengan berbagai jenjang usia yang dipisahkan mulaidari TPA hingga Manula, selain itu kegiatan keagamma didesa Blumbang seperti Yasinan Kendureen dan lain-lain saat ii juga masih sering dilakukan bahkan setiap RT masing-masing memilik jadwal khusus tiap bulannya untu mengadakan pertemua \n Tersebut..
G.    Paham Keagamaan
Sudah dterangkan diatas.
H.    Kegiatan Sosial
Kegiatan sosial rutin yang dilaksanakan oleh warga Desa Blumbang RW.002 anatra lain adala seperti arisan dan rapat Rt, pembagian sembako, higga lainyya
Sedangkan untuk kegiatan sosial ibu-ibu mengadakan kegiatan Arisan dan Posyandu yang dilaksanakan di gedung yang telah tersedia. Disamping kegiatan internal, dalam masalah soaial warga
Kebersamaan dan gotong-royong warga Desa Blumbang RW.002juga terlihat ketika ada salah satu Desa Blumbang RW.002yang punya hajat, misalnya menikah. Mereka secara kompak berkumpul dan membentuk kepanitiaan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam acara pernikahan tersebut.
 IV.            PENUTUP
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penyusunan peta dakwah yang berisi kajian sistematis dan terperinci mengenai subjek, objek, dan lingkungan dakwah dalam suatu lingkup daerah tertentu.
Secara Geografis, Desa Blumbang RW.002 terletak di selatan pertigaan kecamatan Klego yang berjarak kurang lebih 2 Km. Berada dilokasi yan dilalui jalur alternatif Solo-Smearang / Semang - Solo
Warga Perumahan PKU Muhammadiyah Tamantirto tergolong masyarakat menegah kebawah. Serta pemahaman mereka terhadap agama Islam tergolong sangat mengikuti budaya jawa . Sehingga da’i di daerah ini dituntut untuk bisa menyampaikan dakwah secara rasional dan terbuka agar masyarakat mudah mencernanya serta yang terpenting adalah mengubah pandangan warga bahwa agama bukanlah suatu kewajiban, melainkan suatu kebutuhan bagi umat Islam.

BERIKUT DATA DENGAN TABEL

Profil sasaran dakwah Di Desa Blumbang RW.002 Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Jawa Tengah
Desa Blumbang merupakan desa yang terletak diwilayah kecamatan Klego 2 Kman dari pertigaan kecamatan. Di RW ini terdapat masyarakat dengan Ormas Islam dan Keadaanya masing-masing.


No

RT.005
RT.006
RT.007
RT.008
Total

Umat






Jumlah umat





Usia
Balita





Anak-anak





Dewasa




648
Lansia




L/P
Laki-Laki





Perempuan





PENDIDIKAN
TK
3
2
1
4
9
SD
6
7
4
14
31
SMP
4
7
14
7
32
SMA/SMK
3
3
5
5
11
D3
-
-
-


S1 (ditabaha sarjana)
8
3
2
-
14
S2
-




PEKERJAAN
Petani
Mayoritas
Mayoritas
Mayoritas
Mayoritas

Buruh pabrik
10
15
7
20
53
Wiraswasta
3
4
9
2
23
Pelajar
16
18
22
27
84
Guru
7
3
5
1
16
Dll





URUSAN AGAMA
Aktif
--
-
-
-
-
Sedang
-
-
-
-
--
Kurang aktif
-
-
-
-
-

B. LEMBAGA SOSIAL YANG ADA
No

RT.005
RT.006
RT.007
RT.008
Linmas

Ada (5)
Ada (5)
Ada (2)
Ada (6)
Karang taruna

9
10
15
12
dll












2. profil subyek dakwah (Pendakwah)
No
Nama
Usia
Pekerjaan
Tingkat pengaruh
Wilayah garap
Se-RT
Se-RW
Masjid
Mushola
Lain-lain
1.
H. Jamal. Spd. M.Pd
62
Manatan guru &ketua RW 002 (sekarang ustad)
05
02
Lewat rumah-rumah (kenduren dan yasinan)
2.
Isman
50an
Petani
06
-

Lewat rumah-rumah (kenduren dan yasinan)
3.
Darto
40an
Petani dan Qori
08
02


4.
Sumanto
45
Pedagang baju
08


Pengajian rutin masjid tiap hari
5.
Supoyo
46
Guru SDIT
06



6.
Sutarno
52
Guru SD
05
02

Acara Resepsi, modin dll
7.
Jardi
68
Petani
06


8.
Rusman
60an
Petani
08



9.
Giyoto








b. lembaga
No.
Nama Organisasi
Jumlah Anggota
Jenis Kegiatan
Status Keaktifan
Rutin
Incidental
Aktif
Kurang Aktif
Tidak Aktif
1.       
NU
Mayoritas (kurang tentu)
-yasinan tiap bulan
-pengajian rutin bulan
Acara halala bihalal
Pembagian daging Qurban
-
-
-
2.       
LDII
143
-pengajian rtin tiap hari dengan berbagai jenjang usia
-gotong royong pembagunan.
Musyawaroh rutin bulanan
Pembagian daging qurban
Sosoialisi dan silaturahmi lebaran
26
-
4
3.       
MTA
8
Pengajian rutin bulann

-
-
=
4.       
Salafi
2





5.       
Non Ormas Islam
Mayoritas warga desa blumbang rw.02 mengikuti ormas NU






3. lingkunag dakwah
·         Geografis
No
Batas
Luas
Keadaan tanah
RT
Timur
Selatan
Barat
Utara
Subur
Tandus
005
Jalan Raya
RT.008
Sawah
Kebun
400
-
006
Sawah
RT.008
Jalan raya
Rumah
400
-
007
Sawah
Sawah
Sawah/ desa lain / gereja
Rt.005/006
400

008
Sawah
Sawah
sawah
Rt.005/006
400


·     Demografis

No

RT.005
RT.006
RT.007
RT.008
TOTAL

Umat






Jumlah umat





Usia
Balita





Anak-anak





Dewasa




648
Lansia




Agama
Islam
MAYORITAS

Kristen
-
-
-
-

Katholik
-
-
24
-

Hindu
-
-
-
-

Budha
-
-
-
-

konghucu
-
-
-
-

L/P
Laki-Laki





Perempuan





PENDIDIKAN
TK
3
2
1
4
9
SD
6
7
4
14
31
SMP
4
7
14
7
32
SMA/SMK
3
3
5
5
11
D3
-
-
-


S1
8
3
2
-
14
S2





PEKERJAAN
Petani
Mayoritas
Mayoritas
Mayoritas
Mayoritas

Buruh
10
15
7
20
53
Wirasasta
3
4
9
2
23
Pelajar
16
18
22
27
84
Guru
7
3
5
1
16
Dll






·     Tempat ibadah
No
RT/RW
Masjid
Mushola
Gereja
1.    
005
-
1
-
2.    
006
1
-
-
3.    
007
-
-
1
4.    
008
1
-
-

·     Aktivis ibadah agama lain

No
Nama ibadah (agama)
tempat
kegiatan
1.   
Misa rutin hari minggu  (Katholik)
Gereja RT.007
Ibadah mingguan











 




























 






1 Response to "PETA DAKWAH DAN PROFIL SASARAN DAKWAH DENGAN TABEL DESA BLUMBANG KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI"

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    ReplyDelete

Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya. mari saling berbagi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel