ARTI DAN PERAN KOMUNIKASI
•
Menurut Onong Uchjana Effendi (1992: 3) kata komunikasi berasal dr
perkataan bahasa Latin communicatio yg berarti pemberitahuan atau
pertukaran pikiran.
•
Oleh karena itu, secara garis besar dlm suatu proses komunikasi harus
terdapat unsur-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu pertukaran pikiran atau
pengertian antara komunikator dan komunikan.
Proses komunikasi
•
Proses komunikasi (transfer informasi) atau pesan-pesan (message) dari
pengirim pesan sebagai komunikator dan kepada penerima pesan sebagai komunikan.
•
Melalui transfer/pesan-pesan tsb terjadi proses interpretasi yaitu :
peng-encode-an pesan terdecode oleh komunikan dg berbagai perspektif yg
didasari dr pengalaman yg dialami (field of experiences) dan kerangka
referensinya (frame of references). Kemudian pihak komunikan akan memberikan
reaksi atau umpan balik (feedback)
Pentingnya peran komunikasi bagi manusia
•
Peran Komunikasi bagi manusia bagi manusia sesuai dengan fungsi
komunikasi yg bersifat persuasif, edukatif dan informatif.
•
Sebab tanpa adanya komunikasi, maka tidak adanya proses interaksi :
•
Saling tukar ilmu pengetahuan, pengalaman, pendidikan, persuasi,
informasi dll.
•
Proses penyampaian informasi/pesan biasanya melalui suatu media
komunikasi
Unsur-unsur pokok dlm proses komunikasi
1. Sumber (Source) yaitu individu yg menyampaikan
pesan-pesannya.
2. Pesan (Message) yaitu gagasan atau ide berupa
pesan, informasi, pengetahuan dll
3. Penerima yaitu individu atau kelompok yg menerima
pesan-pesannya.
4. Media (Channel) yaitu media, sarana, saluran yg
dipergunakan oleh komunikator.
5. Pengaruh (Effect) yaitu suatu dampak yg terjadi
dalam proses penyampaian pesan-pesan tsb.
Human Relations (hubungan antar manusia)
•
- Pengertian human relations dalam organisasi kekaryaan adalah :
interaksi antara orang-orang yg berada dalam struktur formal yg disusun secara
fungsional utk mencapai suatu tujuan lembaga atau perusahaan.
•
- Pengertian human relations dalam aktivitas managemen organisasi
/lembaga adalah menciptakan suatu kerja sama antar karyawan dalam suatu tim
kerja, meningkatkan produktivitas dan
memperoleh kepuasan dlam bekerja.
Definisi human relations
•
Dalam arti luas : interaksi antara
seseorang dg orang atau kelompok lain yg menyangkut hubungan manusiawi,
etika/moral, aktivitas sehari-hari pada umumnya bertujuan utk memperoleh
kepuasan kedua belah pihak.
•
- Dalam arti sempit : terjadinya suatu interaksi antara seseorang dan orang/kelompok lainnya,
hanya saja lingkupnya sempit misalnya situasi dalam hubungan pekerjaan dan
organisasi kekaryaan. Tujuannya utk memotivasi pegawai.
Falsafah human relations
•
Menurut Keith Davis (1962), falsafah human relations mencakup :
•
1. Kepentingan bersama (mutual interest)
Walaupun masing-masing individu itu berbeda tp
mempunyai tujuan yg sama.
•
2. Harga diri (human dignity)
Pada umumnya manusia itu ingin dihargai
•
3. Perbedaan-perbedaan pada individu
Hal ini disebabkan karena field of experince
(pengalaman yg berbeda)
Prinsip-prinsip dalam human relations
1. Importance of individual:memperhatikan kepentingan
dan perasan individu/pegawai.
2. Saling menerima (mutual acceptance): antara atasan
dan bawahan saling menerima
3. Standar moral yg tinggi: guna profesionalitas kerja
4. Kepentingan bersama:
5. Keterbukaan: transparansi
6. Partisipasi : mengharapkan partisipasi semua
anggota dalam sumbang saran pendapat.
Manajemen Komunikasi
•
Organisasi yg merupakan kerangka kerja (frame of work)dari suatu
manajemen adalah sesuatu yg menunjukkan adanya pembagian tugas, wewenang dan
tanggung jawab yg jelas antara pimpinan dan bawahan.
•
- Dalam organisasi, ada orang yg
kemampuannya diklasifikasikan sebagai pemimpin dan ada yg diklasifikasikan
sebagai bawahan.
Fungsi Manajer PR/Humas
•
- Jabatan pimpinan dalam manajemen PR/Humas biasanya disebut dg manajer
humas.
•
- Fungsinya sbg pemimpin sekelompok karyawan.
•
- Dia berwewenang membentuk kelompok kecil , mengangkat ketua kelompok ,
agar mereka dapat bekerja sesuai dg tugas dan tanggung jawab masing-masing.
•
Manajer humas sbg pimpinan puncak (top manager) cukup melakukan dg
penanggunjawab atau ketua unitnya masing-masing (Middle manager).
•
Pola strategi komunikasi dan pelaksanaan fungsi manajemen dalam suatu
organisasi berdasarkan Plan (Perencanaan), Do (Kerja), Check (Pengawasan),
Action plan (Aksi).
3 dimensi komunikasi dalam perusahaan
•
Menurut Onong Uchjana Effendy bahwa perusahaan/organisasi mempunyai tiga
dimensi yaitu :
1. Komunikasi Vertikal: komunikasi antara atasan dg
bawahan atau sebaliknya.
2. Komunikasi Horizontal: komunikasi antara karyawan
satu dg karyawan lainnya
3. Komunikasi Eksternal : komunikasi yg berlangsung
antara pihak organisasi dg pihak luar
MBO (Management by Obyective)
•
Menurut Frank Jefkins bahwa Konsep MBO adalah model manajemen
berdasarkan pencapaian tujuan objektif.
•
Menurut Otto Lerbinger bahwa konsep management by objective (MBO) adalah
:
1. Penerapan motivasi utk mencapai tujuan bersama
antara pimpinan dan bawahan.
2. Melibatkan setiap karyawan utk berdiskusi dlm
mencapai tujuan
3. Pelaksanaan perencanaan kerja dilakukan secara
bersama-sama antara pimpinan dan bawahan.
Pengertian Management by Objective (MBO)
•
Pengertian MBO mrpk proses dimana manajer tingkat bawahan dan atasan
secara bersama-sama mengidentifikasikan tujuan umum organisasi dan tanggung
jawab setiap individu.
Calender program acara (calender of events)
•
- Model MBO dimulai dari komitmen top pimpinan organisasi guna
mensetting dan mereview perencanaan
mencapai tujuan utama perusahaan.
•
- Biasanya rangkaian tsb adalah penentuan berdasarkan calender
program acara atau calender of events dalam suatu periode guna
merancang 2 atau 5 yahun ke depan.
3 istilah teknis penunjang dlm MBO
1. Strategic objective (tujuan strategik) : tolok ukur
yg dipergunakan sebagai pedoman operasi unit.
2. Management by anticipation (manajemen berdasarkan
antisipasi) : mengantisipasi hal-hal di luar dugaan misalnya adanya kelemahan,
kekurangan, risiko kegagalan
3. Management by commitment (manajemen berdasarkan
komitmen): perjanjian antar pribadi yg sangat penting guna melakukan tanggung
jawab setiap anggotanya.
Bagaimana menetapkan tujuan guna meningkatkan komitmen
?
•
Guna meningkatkan komitmen manajer
dan bawahan dituangkan dalam keputusan penilaian akhir tahun yg berkaitan dg
kompensasi, pencapaian rekor tertentu , penetapan promosi, penunjukan,
pelatihan atau training karyawan utk meningkatkan ketrampilan, kedisiplinan dan
etos kerja serta pendelegasian tugas.
Pertanyaan-pertanyaan yg harus dijawab untuk pimpinan
perusahaan
1. Apa yg diharapkan bagi karyawannya dan peluang apa guna meningkatkan karirnya?
2. Apakah terdapat fasilitas kerja yg memadai guna
membantu suatu pekerjaan karyawannya?
3. Bagaimana tolok ukur suatu pekerjaan yg telah
dicapai sesuai dg pedoman, hasil dan sasaran hasil pekerjaan karyawan?
4. Apa dasar penilaian kinerja atau prestasi pekerjaan
yg telah dicapai dan bentuk penghargaan apa yg diterima oleh karyawan jika
berhasil?
Ciri-ciri MBO
1. Terdapat interaksi antara atasan dan bawahan yg
secara langsung utk membicarakan suatu perencanaan, pelaksanaan kerja, evaluasi
program kerja, hasil-hasil yg telah dicapai atau belum tercapai.
2. Pimpinan dan karyawan secara bersama-sama utk
menentukan sasaran dan kriteria suatu pekerjaan yg akan dilaksanakan
3. Penekanan pada sasaran kerja masa sekarang dan
tujuan hasilnya masa yg akan datang perusahaan.
4. Penerapan MBO berdasarkan prinsip-prinsip “satu
langkah ke bawah” artinya mulai dr direktur bersama manajer dan bawahanmembahas
dan menetapkan sasaran perusahaan, kemudian
para karyawan memiliki tanggung jawab pribadi
0 Response to "ARTI DAN PERAN KOMUNIKASI"
Post a Comment
Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya. mari saling berbagi