PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS
•
Lembaga PR di AS mendefinisikan pr sebagai usaha yg direncanakan secara
terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian
timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya (colin coulson, 2002:3)
•
Pengertian yg timbal balik itu menuntut penghargaan terhadap kekuatan
dan kelemahan, peluang, sasaran dan masalah-masalah yang dihadapi organisasi.
Perbedaan PR dan periklanan
•
Perbedaan pertama,
•
Periklanan bertujuan utk menjangkau sebanyak mungkin orang dg biaya yg
serendah mungkin, biasanya dg menggunakan media massa (tv, internet, radio,
koran, majalah)
•
Public relations menggunakan sedikit orang, memakai pendekatan yg
selektif dan merangkaikan pesan-pesan secara rinci utk para pendengar yg telah
ditentukan.
•
Perbedaan kedua, jika periklanan memusatkan perhatian pada pembeli atau
calon pembeli. Kalau pr memusatkan kepada kelompok-kelompok lain dalam jajaran
yg lebih luas.
•
Perbedaan ketiga, periklanan seringkali bersifat persuasif yg
bertujuan utk mengalihkan perhatian
orang atau mengubah perilakunya. Biasanya menggunakan sarana periklanan adalah saluran komunikasi tertentu (media
massa seperti tv, radio, internet, koran, majalah dll)
Sedangkan public relations walaupun terkadang
menggunakan sarana periklanan tp lebih sering menggunakan komunikasi dari dua
belah pihak
Public relations dan kepekaan
•
Praktek PR (hubungan masyarakat) menuntut kepekaan thdp setiap
kecenderungan dan peristiwa.
•
Maksudnya adalah :
•
praktek PR harus mampu menarik perhatian orang-orang yg ekstrovert.
•
praktek PR harus bersedia menerima pandangan-pandangan orang lain.
•
praktek PR menuntut keberanian utk mendengar, sabar dan mau menerima.
•
Praktek PR lebih dr sekedar menghubungi editor dan mengeluarkan
pernyataan atau berita.
•
Dalam prakteknya, seorang ahli PR dituntut lebih daripada sekedar
seorang penasehat.
•
Masalah-masalah PR meliputi :
•
bidang keuangan & pemasaran
•
- tanggung jawab eksekutif
•
- laporan yg harus dimuat
•
- penyelenggaraan surat kabar perusahaan
•
- penyelenggaraan pameran dll
Kepekaan dalam
masalah-masalah komunikasi
-kepekaan
thdp keberadaan manusia
-
kepekaan thdp kebutuhan & minatnya
-
masalah-masalah manajemen
-
hilangnya order
-
kemacetan lini produksi
- tingkat rotasi karyawan yg tinggi
- pemakaian metode kerja baru
- penggunaan waktu cuti
Mengapa public relations suatu keharusan dalam
perusahaan?
•
Di kalangan profesional, mempromosikan diri sendiri dapat dianggap tidak etis. Mereka biasanya membuka
diri lewat aneka macam program di media massa (facebook, twitter, email, blogger
dll)
Public relations yg sistematis
•
Maksudnya bahwa sebuah pendekatan yg
sistematis utk masalah-masalah pr akan melibatkan analisis thdp situasi untuk
menentukan apa masalah pokok yg sebenarnya. Hal ini dapat dilakukan sebuah riset.
Komponen-komponen pendekatan sistematis utk pemecahan
masalah
1. Analisis situasi dan identifikasi masalah.
2. Penentuan sasaran
3. Identifikasi dan analisis masyarakat
4. Formulasi pesan
5. Identifikasi dan pemilihan saluran
6. Pengembangan program
7. Pembiayaan program
8. Evaluasi program
9. Modifikasi program
10. Perencanaan dan pelaporan
Status public relations
•
Profesi ini masih dihambat oleh
gambaran masa lalunya sbg “penghangat” atau pelengkap penderita.
•
Di dalam beberapa perusahaan, pr masih dipandang berfungsi sbg
“cinderella”. Sebab tanggung jawab utk tugas pr dapat disebarkan ke bagian
pemasaran, hubungan antar pemegang saham, kejadian-kejadian yg menyangkut
konsumen, periklanan.
•
Karyawan senior pr terlibat dlm masalah-masalah perburuhan, mengusahakan
informasi yg terpercaya, bertindak sbg perantara perkawinan, memprakrsai
merjer-merjer dll.
•
Akhirnya para praktisi pr bersepakat utk menunjukkan diri mereka sbg
orang yg profesional.
Bidang-bidang kesulitan khusus
1. Masyarakat yg beragam
2. Sikap yg berbeda-beda
3. Komunikasi satu arah dan dua arah
4. Manajemen kreativitas
5. Teknik-teknik spesialis
6. Pertimbangan-pertimbangan legal
Public relations komersial
a. PR perusahaan
b. PR keuangan
c. PR masalah-masalah umum
Tugas-tugas pokok pr perusahaan
1. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan
2. Memberi nasihat kepada pihak manajemen
3. Mengetahui semua aspek komunikasi perusahaan, baik
intern maupun ekstern
4. Membuat kontak dg para pengambil keputusan ekstern
yg penting
5. Membentuk komisi-komisi riset.
6. Mengevaluasi masalah-masalah dan aktivitas pr.
7. Merencanakan dan mengatur kegiatan-kegiatan
perusahaan : pameran, kunjungan, pertemuan dll.
Tugas-tugas seorang manajer pr di bidang keuangan
1. Mengetahui hukum perusahaan
2.praktek kamar dagang dan tanggung jawab direktur
3. Mengetahui cara atau adat istiadat kota
4. Mengetahui kebijakan –kebijakan persoanalia
lembaga-lembaga keuangan dan mass media
5. Minat dan kebutuhan berbagai kelompok
Public relations pemerintah
•
Public relations pemerintah pusat beroperasi di bawah kendala-kendala
tertentu yg umumnya sukar diterapkan dlm dunia komersial.
•
Misalnya bila ada perundang-undangan yg baru diusulkan dan rancangan uu
diterbitkan, maka tidak ada organ pemerintah yg berani meniupkan isu
pemberitaan pers mengenai hal tsb.
Public relations pemerintah daerah
•
Petugas pr di pemerintah pusat dan daerah mempunyai keleluasaan utk
menyebarluaskan keputusan-keputusan yg diambil.
•
Misalnya seorang petugas dapat menolak berita pers yg berbau politis.
0 Response to "PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS"
Post a Comment
Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya. mari saling berbagi