JARINGAN KOMUNIKASI
•
Jaringan komunikasi (communication networking) adalah suatu
jaringan yg terjadi diantara orang-orang yg menduduki dalam suatu organisasi.
•
Organisasi terdiri dari orang-orang yg menduduki suatu posisi atau
peranan tertentu. Diantara orang-orang tsb terjadi pertukaran pesan/informasi
melalui jaringan komunikasi
5 model jaringan komunikasi
1. Model Rantai (Chain)
2. Model Roda (Wheel)
3. Model Lingkaran (Circle)
4. Model Saluran Bebas (All-channel)
5. Model Huruf “Y”
1. Model Rantai (Chain)
·
Yaitu model jaringan komunikasi yg
meliputi 5 tingkatan dalam jenjang hierarkhisnya dan hanya dikenal sebagai
sistem komunikasi arus ke atas (upward) dan ke bawah (downward).
·
Artinya :
·
Model ini menganut hubungan komunikasi baik ke atas atau ke bawah tanpa
terjadi suatu penyimpangan.
·
Model ini banyak terjadi dlm manajemen militer, laporan keuangan
(acounting), pembayaran gaji (payroll) dll.
2. Model Roda (Wheel)
•
Maksudnya adalah sistem jaringan komunikasi yg menjadikan semua laporan,
instruksi, perintah kerja dan kepengawasan terpusat 1 orang yg memimpin dg 4
atau lebih bawahan.
•
Di sini tidak terjadi interaksi (komunikasi) antara bawahan dg bawahan
yg lain.
3. Model lingkaran (Circle)
•
Pada model ini, semua anggota/staf
bisa terjadi interaksi pada setiap 3 tingkatan hierarkhi tetapi tanpa ada
kelanjutannya pd tingkatan yg lebih
tinggi, terbatas pada setiap level.
•
Misalnya komunikasi yg terjadi di kantor pemerintahan daerah / pusat
4. Model Saluran Bebas (All Channel)
•
Pada model ini, semua tingkatan dalam jaringan tsb dapat berinteraksi
timbal balik tanpa melihat siapa yg menjadi tokoh sentralnya.
•
Semua saluran komunikasi antar
tingkatan jenjang hierarkhinya tidak dibatasi dan setiap staf/bawahan bebas
melakukan interaksi dg berbagai pihak/pimpinan atau sebaliknya
5. Model Huruf “ Y “
•
Model ini tidak jauh berbeda dg model rantai (chain) yaitu terdapat 4
level jenjang hierarkhi, satu supervisor
(pengawas) 2 bawahan dan 2 atasan yg mungkin berbeda divisi/departemen
Kesimpulannya
•
Untuk mengetahui model komunikasi dan peranannya dapat dipergunakan
analisis jaringan komunikasi dlm upaya membangun hubungan atau koneksi
orang-orang atau kelompok tertentu.
•
Misalnya hubungan atasan dg bawahan atau sebaliknya. “Apa dan bagaimana”
model jaringan komunikasi yg dipakai utk mengatur mekanisme arus informasi,
pesan, instruksi dan laporan kerjanya.
Peranan jaringan komunikasi
•
Menurut Dr Arni Muhammad dlm buku Komunikasi Organisasi (1992) bahwa :
•
“hasil analisis jaringan tsb dapat diketahui bentuk hubungan atau
koneksi orang-orang dlm organisasi dg kelompok tertentu (klik). Selain itu
dapat diketahui keterbukaan atau tidaknya satu kelompok dg yg lainnya serta
orang-orang yg memegang peranan utama dlm suatu organisasi.
6 peranan jaringan komunikasi
1.Opinion Leader (pimpinan formal)
Pengertian opinion leader merupakan pimpinan formal
dlm organisasi yg mempunyai otoritas dlm organisasi, membimbing tingkah laku
para anggota dan dapat mempengaruhi keputusan (decision maker)
2. Gate keepers (penjaga gawang informasi)
•
Pengertiannya adalah individu-individu yg mengontrol arus informasi
diantara anggota organisasi , biasanya
peranan ini dilakukan oleh bagian humas internal yg bertindak sbg komunikator
dan mediator dlm penyampaian pesan timbal balik dua arah.
•
Gate keepers memiliki kewenangan
memutuskan apakah informasi tsb penting atau tidak.
3. Cosmopolites (penghubung dg publik)
•
Di sini peranannya adalah sebagai penghubung dg publik eksternal
(community relations).
•
Mereka mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yg ada di
lingkungannya da memberikan informasi mengenai aktivitas organisasi kepada
pihak-pihak tertentu.
4. Bridge (jembatan)
•
Bridge merupakan anggota kelompok atau klik tertentu dalam suatu
organisasi yg menghubungkan kelompok satu dg kelompok lainnya.
•
Biasanya individu yg bersangkutan memiliki kemampuan utk
mengoordinasikan komunikasi antara kelompok satu dg kelompok lainnya.
5. Liaison (penghubung)
•
Peranannya hampir sama dg bridge tetapi yg bersangkutan bukan mrpk
anggota kelompok dan bertindak sbg penghubung (liaison) dg kelompok lainnya.
6. Isolate (isolasi)
•
Pengertian isolate adalah anggota organisasi yg mempunyai kontak minimal
dg orang lain dlm suatu organisasi.
•
Orang-orang ini menyembunyikan dirinya dan identitasnya atau sedang
diasingkan (diisolasikan) oleh kelompoknya.
Strategi Komunikasi PR
Menurut Cutlip, center & Broom (2000:424) yg
dikenal 7-Cs PR Communications adalah :
1.Credibility (Kredibilitas)
•
Komunikasi dimulai dari suasana saling percaya yg
diciptakan oleh pihak komunikator secara sungguh-sungguh utk melayani publiknya
yg memiliki keyakinan dan respek
2. Contex (Konteks)
•
Contex itu menyangkut sesuatu yg berhubungan dg lingkungan kehidupan sosial,
pesan yg harus disampaikan dg jelas serta sikap partisipatif.
•
Komunikasi efektif diperlukan utk mendukung lingkungan sosial melalui
pemberitaan di berbagai media massa.
3. Content (Isi)
•
Maksudnya bahwa : Pesannya menyangkut kepentingan orang banyak/publik,
sehingga informasi dapat diterima sbg sesuatu yg bermanfaat secara umum bagi
masyarakat.
4. Clarity (kejelasan)
•
Maksudnya :
•
Pesan harus disusun dg kata-kata yg jelas, mudah dimengerti, serta
memiliki pemahaman yg sama antara komunikator
dan komunikan dalam hal maksud, tema dan tujuan semua pihak.
5. Continuity and Consistency (Kontinuitas dan
Konsistensi)
•
Komunikasi merupakan proses yg tidak pernah berakhir, oleh karena itu
dilakukan secara berulang-ulang dg berbagai variasi pesan.
6. Channels (saluran)
•
Maksudnya :
•
Mempergunakan saluran media informasi yg tepat dan terpercaya serta
dipilih oleh khalayak sbg target sasaran
7. Capability of the audience (kapabilitas khalayak)
•
Maksudnya :
•
Memperhitungkan kemampuan yg dimiliki oleh khalayak
7-P PERANAN PR SBG KOMUNIKATOR
1.PEOPLE
•
Peranan People utk mengetahui hubungan komunikasi organisasi dg
siapa khalayak sbg sasarannya
(budayanya, lingkungan, keinginannya dll)
2. PROCESS
•
Peranan Process mrpk suatu langkah-langkah perencanaan program
komunikasi organisasi utk menyebarkan informasi atau pesan.
3. PLANs
•
Peranannya yaitu sebagai perencana
komunikasi organisasi dlm upaya penjelasan kpd publik, baik utk program PR
bertujuan jangka pendek maupun jangka panjang.
4. PRACTICES
•
Peranannya yg meliputi teknik-teknik dan metodenya yg akan ditentukan
oleh kemampuan komunikator dalam menjelaskan kepada publik.
5. Product
•
Merupakan produk atau keberhasilan komunikasi yg disampaikan oleh PR (komunikator)
memperoleh sambutan positif atau sebaliknya negatif pihak public.
6. PLANT
•
Di sini berkaitan dg sarana dan
kemampuan komunikasi yg ada dr pihak organisasi yg ada dr pihak organisasi utk
menyampaikan dan menerima informasi atau pesan kepada publiknya.
7. PUBLICATIONS
•
Publikasi merupakan teknik pelaksanaan publikasi komunikasi organisasi
utk menyampaikan informasi, pesan, berita di berbagai media komunikasi.
DATA DAN INFORMASI
•
Menurut Ir. Kusmartono D, MPA memberikan definisi data dan informasi
yaitu :
•
“Data adalah beberapa faktor yg
berdiri sendiri (kata-kata, angka, gambar, simbol dll) yg jika dikumpulkan
serta diolah akan menghasilkan suatu pengertian.
•
Pengertian itu disebut informasi yg dimanfaatkan penerimanya guna
menambah pengetahuan, pengertian dan inteligensinya.
•
Data dapat bersifat primer dan sekunder.
•
Data bersifat primer apabila data itu diperoleh dr penelitian lapangan.
•
Data bersifat sekunder apabila data yg sudah tersedia dan diperoleh
berdasarkan catatan, angka-angka, statistik, referensi/kepustakaan
•
Input adalah perolehan data
•
Output adalah berbentuk informasi yg dapat dimanfaatkan menurut
kebutuhan atau keperluan, baik utk kalangan akademisi atau profesional.
3 Syarat data dapat dipakai utk keperluan ilmiah
1. Relevan atau berkaitan erat
2. Benar dan tepat waktu
3. Lengkap dan tersedia pada waktunya.
SYARAT INFORMASI
•
- Benar dalam angka, jumlah dan data
•
- Lengkap
•
- Tersedia pada waktunya dan up to date
•
- Sbg referensi dan nara sumber bersifat terarah
•
- Penyajian yg baik, sehingga tidak menimbulkan interpretasi yg kurang
tepat.
QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
ReplyDelete-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
• Bandar66 (NEW)
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!?