PERENCANAAN PROGRAM KERJA PUBLIC RELATION
PERENCANAAN PROGRAM PR
Tujuan umum program kerja dr aktivitas
public relations di lapangan
•
Tujuan umum program kerja PR adalah cara menciptakan hubungan harmonis
antara organisasi yg diwakilinya dg publik atau stakeholder (sasaran khalayak
yg terkait)
•
Hasil yg diharapkan adalah :
•
Terciptanya citra positif (good image), kemauan yg baik (good will),
saling menghargai (mutual appreciation), saling timbul pengertian (mutual understanding),
toleransi (tolerance) antara kedua belah pihak.
4 tahapan pelaksanaan PR
1. Penelitian dan Mendengarkan (Research-Listening)
Penelitian yang dilakukan berkaitan dg opini,sikap dan reaksi terhadap
kebijakan organisasi (What’s our problem? Apa yang menjadi problem kita)
2. Perencanaan dan mrengambil keputusan
(planning-decision):sikap, opini, ide-ide dan reaksi yg berkaitan dg program
kerja organisasi (Here’s what we can do? Apa yg dapat kita kerjakan)
3. Mengkomunikasikan dan pelaksanaan (communication-action):
menyampaikan informasi (Here’s what we did and why? Apa yg telah kita
lakukan dan mengapa begitu)
4. Mengevaluasi (Evaluation): menilai hasil-hasil dr
program kerja yg telah dilakukan (How did we do? Bagaimana yg telah kita kita
lakukan)
1. Menganalisis perilaku umum dan hubungan organisasi
thd lingkungan
2.Menentukan dan memahami secara benar perilaku
tiap-tiap kelompok thdp organisasi
3. Menganalisis tingkat opini publik baik intern dan
ekstern
4. Mengantisipasi kecenderungan-kecenderungan,
masalah-masalah yg potensial, kebutuhan-kebutuhan dan kesempatan-kesempatan
5. Menentuka formulasi dan mermuskan
kebijakan-kebijakan.
6. Merencanakan alat atau cara yg sesuai utk
meningkatkan atau mengubah perilaku kelompok masyarakat sasaran
7. Menjalankan dan melaksanakan aktivitas-aktivitas
sesuai dg program yg telah direncanakan
8. Menerima umpan balik utk dievaluasi
Jadwal rencana kerja PR
•
09.00 membaca surat-surat yg masuk
•
09.30 mendikte sekretaris utk membalas surat yg masuk
•
10.00 membaca ulang konsep naskah surat
•
10.30 memanggil fotografer utk menyusun foto yg akan dimuat di media
beserta press release
•
10.45 merencanakan jumpa pers
•
12.30 itirahat, sholat, makan siang
•
13.30 mengecek contoh kartu undangan
•
14.00 menjawab telepon dr radio producer
•
14.30 menulis naskah pidato GM
•
15.30 Menelepon percetakan
•
16.00 menandatangani surat-surat
0 Response to "PERENCANAAN PROGRAM KERJA PUBLIC RELATION"
Post a Comment
Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya. mari saling berbagi