-->

PERENCANAAN PROGRAM KERJA PUBLIC RELATION



PERENCANAAN PROGRAM PR
Tujuan umum program kerja dr aktivitas public relations di lapangan
       Tujuan umum program kerja PR adalah cara menciptakan hubungan harmonis antara organisasi yg diwakilinya dg publik atau stakeholder (sasaran khalayak yg terkait)
       Hasil yg diharapkan adalah :
       Terciptanya citra positif (good image), kemauan yg baik (good will), saling menghargai (mutual appreciation), saling timbul pengertian (mutual understanding), toleransi (tolerance) antara kedua belah pihak.
4 tahapan pelaksanaan PR
1. Penelitian dan Mendengarkan (Research-Listening) Penelitian yang dilakukan berkaitan dg opini,sikap dan reaksi terhadap kebijakan organisasi (What’s our problem? Apa yang menjadi problem kita)
2. Perencanaan dan mrengambil keputusan (planning-decision):sikap, opini, ide-ide dan reaksi yg berkaitan dg program kerja organisasi (Here’s what we can do? Apa yg dapat kita kerjakan)
3. Mengkomunikasikan dan pelaksanaan (communication-action): menyampaikan informasi (Here’s what we did and why? Apa yg telah kita lakukan dan mengapa begitu)
4. Mengevaluasi (Evaluation): menilai hasil-hasil dr program kerja yg telah dilakukan (How did we do? Bagaimana yg telah kita kita lakukan)
7 langkah kegiatan PR
1. Menganalisis perilaku umum dan hubungan organisasi thd lingkungan
2.Menentukan dan memahami secara benar perilaku tiap-tiap kelompok thdp organisasi
3. Menganalisis tingkat opini publik baik intern dan ekstern
4. Mengantisipasi kecenderungan-kecenderungan, masalah-masalah yg potensial, kebutuhan-kebutuhan dan kesempatan-kesempatan
5. Menentuka formulasi dan mermuskan kebijakan-kebijakan.
6. Merencanakan alat atau cara yg sesuai utk meningkatkan atau mengubah perilaku kelompok masyarakat sasaran
7. Menjalankan dan melaksanakan aktivitas-aktivitas sesuai dg program yg telah direncanakan
8. Menerima umpan balik utk dievaluasi
Jadwal rencana kerja PR
       09.00 membaca surat-surat yg masuk
       09.30 mendikte sekretaris utk membalas surat yg masuk
       10.00 membaca ulang konsep naskah surat
       10.30 memanggil fotografer utk menyusun foto yg akan dimuat di media beserta press release
       10.45 merencanakan jumpa pers
       12.30 itirahat, sholat, makan siang
       13.30 mengecek contoh kartu undangan
       14.00 menjawab telepon dr radio producer
       14.30 menulis naskah pidato GM
       15.30 Menelepon percetakan
       16.00 menandatangani surat-surat

0 Response to "PERENCANAAN PROGRAM KERJA PUBLIC RELATION"

Post a Comment

Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya. mari saling berbagi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel